VIRTUAL TOUR : STRATEGI INDUSTRI PARIWISATA SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS JAKARTA GOOD GUIDE)
Keywords:
COVID-19, Pandemi, Industri Pariwisata, Produk Pariwisata, Virtual tur, Jakarta Good GuideAbstract
Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dikeluarkan pemerintah Indonesia dalam rangka mengurangi penyebaran COVID-19 memberikan dampak buruk ke seluruh sektor perekonomian. Tak terkecuali pada sektor pariwisata. Kebijakan pemerintah ini menjadikan terhentinya hampir seluruh kegiatan wisata dalam negeri.
Penulis mengambil studi kasus pada Jakarta Good Guide, salah satu pelaku industri pariwisata yang terpaksa melakukan pembatalan wisata mereka akibat pandemi. Jakarta Good Guide kemudian memberikan alternatif yakni, virtual tur. Di tengah masa pandemi, virtual tur menjadi strategi industri pariwisata dengan memberikan peluang usaha dalam bentuk produk pariwisata baru.
Virtual tur dinilai sebagai alternatif wisata untuk masyarakat dan menjadi alat promosi bagi pelaku industri pariwisata untuk melakukan physical tour. Penulis melakukan observasi dengan mengikuti virtual tur secara langsung, melakukan wawancara kepada tim Jakarta Good Guide dan para partisipan virtual tur, serta studi literatur dalam mendapatkan data.