PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI WISATA PEMANDIAN AIR PANAS CIKUNDUL, SUKABUMI, JAWA BARAT
Keywords:
Bauran Pemasaran, Kepuasan Wisatawan, Wisata Pemandian Air Panas Cikundul SukabumiAbstract
Wisata Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi merupakan wisata pemandian air panas yang dikelola oleh pemerintah daerah Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang meliputi product, price, place, promotion, baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan wisatawan di Wisata Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah wisatawan di Wisata Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Sampel yang diteliti sebanyak 100 responden yang merupakan wisatawan yang pernah berkunjung di Wisata Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: product berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, price tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, place berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan , promotion berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Berdasarkan koefisien determinasi R² sebesar 0,792 dapat diartikan bahwa 79,2% kepuasan wisatawan di Wisata Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi dipengaruhi oleh dimensi product, price, place, promotion, sedangkan sisanya sebesar 20,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.