ANALISIS TINGKAT PELAYANAN TERMINAL TRANSJAKARTA PADA STASIUN HARMONI CENTRAL BUSWAY BERDASARKAN PRESEPSI PENUMPANG

Authors

  • Aditya Galih Anggoro Universitas Negeri Jakarta
  • Winoto Hadi Universitas Negeri Jakarta
  • Daryati Daryati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jmenara.v15i1.18063

Keywords:

level of service, pedestrian queuing, perception of service

Abstract

The result of this research show that level of service (LOS) obtained at  Harmoni Central Busway Station for Friday July 14th, 2017, corridor which included with category LOS A (very good) was corridor 8A. Then, corridors with category LOS B (good) were corridors 1A, 2, 2A, 3, 5C, and 8, while for corridors with category LOS D (bad) were corridors 1 and 9B. For Monday July 16th, 2017, corridors which included with category LOS A (very good) were corridors 1A, 2, 2A, 3, 5C, 8, and 8A, while for corridors with category LOS C (good enough)  were corridors 1 and 9B. For Sunday July 17th, 2017, corridor which included with category LOS A (very good) was corridor 8A. For the next, corridors with category LOS B (good) were corridors 2, 5C, and 8. Then, corridors with category LOS C (good enough) were corridors 1A, 2A, and 3, while for corridors with cateogry LOS D (bad) were corridors 1 and 9B. Value of satisfaction index to 4  factor dimensions of serivce is 66,028%, enter good criteria according to Transjakarta passengers perception at Harmoni Central Busway Station.

References

Anonim, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Penerbit Sinar Grafika, 2003.

R. Cutting and D. Summers, Education for Sustainable Development in Further Education 1st ed, United Kingdom: Springer Nature, 2016.

N. Rerung, I. L. S. Sinon, S. W. Widyaningsih, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi” in Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, vol.6, 2017, pp.47-55.

A. Halim, S. Suriana, and M. Mursal, “Dampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Fisika,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 2017, pp. 1 - 10.

N. Nurhayati and L. Angraeni, “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 2017, pp. 119 - 126.

A. P. Sari, S. Feranie, and S. Karim, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Konsistensi Ilmiah Berbasis Multirepresentasi pada Materi Elastisitas,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 2015, pp. 45 - 50.

H. Siregar, “Peranan Fisika Pada Disiplin Ilmu Teknik Kimia,” in repository.usu.ac.id, 2003.

OECD, “PISA 2015 Result:Excellence and Equity in Education, PISA, OECD,” Publishing: Paris, vol. 1, 2015.

Kemendikbud, Permedikbud Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK dan KI KD, Jakarta: Kemendikbud, 2013.

I M. Gunamantha, “Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan: Mengapa, Apa Dan Bagaimana,” in Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol. 43, 2010, pp. 215-221.

S. Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan 2nd ed, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan 1st ed. Jakarta: Kencana, 2006.

Y. K. Sholfiani, “Keefketifan Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama,” in eprints.uny.ac.id, 2015.

I. Lathifah, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Integrasi ESD (Education for Sustainable Development) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep pada Ranah Kognitif, Bandung: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, 2018.

A. Malik, “Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 2015, pp. 9-15.

M. G. Nugraha, K. H. Kirana, S. Utari, N. Kurniasih, N. Nurdini, & F. N. Sholihat, “Problem Solving-Based Experiment untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Fisika” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 2017, pp. 137-144.

A. Hassan, T. A. Noordin, S. Sulaiman, “The status on the level of environmental awareness in the concept of sustainable development amongst secondary school student,” ELSEVIER Procedia Social and Behavioral Sciences 2, vol. 2, 2010, pp.1276-1280.

Downloads

Published

2020-01-02