ANALISIS IDENTIFIKASI BAHAYA ASPEK K3L DALAM PROYEK KONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODA ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta)

  • Frans Tomy Syahputra Butarbutar Universitas Tama Jagakarsa
  • Mardiaman Mardiaman Universitas Tama Jagakarsa
  • Eri Susanto Hariyadi Universitas Tama Jagakarsa

Abstract

Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) pada proyek konstruksi sangat penting. Hal ini disebabkan karena pekerjaan yang dilakukan pada proyek konstruksi cukup kompleks dan membutuhkan keahlian yang tinggi. Tanpa K3L, dapat menyebabkan kecelakaan dan kerugian baik waktu dan biaya. Berdasarkan latar belakang diatas perlu dilakukan penelitian tentang identifikasi bahaya dan analisis risiko konstruksi pada pekerjaan tersebut untuk membantu mencapai hasil yang maksimal. Analisis risiko semakin penting dikarenakan akibat-akibat kecelakaan kerja yang dapat terjadi di proyek konstruksi semakin tinggi. Metode Analisa yang akan digunakan sebagai mencari kriteria kecelakaan adalah Analaytical Hierarchy Process (AHP), karena AHP mempunyai kelebihan dengan beberapa metode-metode lain, yaitu dengan penetapan bobot masing-masing kriteria yang dilakukan secara obyektif. Kecelakaan kerja dapat diminimalisir dengan mengutamakan kecelakaan kerja dari yang tertinggi sampai yang terendah. Dalam menganalisis faktor kecelakaan kerja pada proyek konstruksi dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat mempermudah dalam menganalisis dan tingkat akurat yang sangat tinggi.

References

BPJS Ketenagakerjaan. (2016). Konstruksi Sumbang 32 Persen dari Seluruh Kecelakaan Kerja di Indonesia.

Dani Hartanto, dkk. (2018). Pengaruh Pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Perilaku Pekerja Konstruksi Pada Proyek Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi II B, Jurnal UMJ, Prosiding Semnastek.

Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Direktorat Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja. 2018. Modul Ahli Muda K3 Konstruksi. Penerbit Kementerian Ketenagakerjaan RI. Jakarta.

Marsono, (2020). Penggunaan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), ISBN: 978-623-7218-13-5.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Nomor 10 tahun 2021 tentang Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi.

Pritanti, H., Purwoto, & Solechan. (2012). Pertanggungjawaban Pidana Terhadap Kontraktor Dalam Hal Terjadi Kecelakaan Kerja Menurut Undang-undang Nomor 3 Tahun 1992 Tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Law Journal Universitas Diponegoro.

Saman Aminbakhsh, dkk. (2013). Safety Risk Assessment Using Analytic Hierarchy Process (AHP) During Planning and Budgeting Of Construction Projects, Journal of Safety Research, Vol. 46.

Undang-Undang Republik Indonesia No.1. 1970. Keselamatan Kerja, Jakarta.

Widi Hartoono, dkk. (2016). Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko dalam Pekerjaan Pengecoran Beton untuk Proyek Gedung dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP), Jurnal UNS, Vol. 4, No. 1.

Wiwoho, G., & Ratnawinanda, L. A. (2020). Analisis Tingkat Resiko Kecelakaan Kerja pada Proyek Konstruksi Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Student Journal Gelagar, 2(2), 252–257.

Published
2023-07-06