EVALUASI FIRE SAFETY MANAGEMENT PADA GEDUNG LABORATORIUM PGSD UNIVERSITAS SAMUDRA

  • Chayril Universitas samudra
  • Firdasari Universitas Samudra
  • Meilandy Purwandito Universitas Samudra

Abstract

Perkembangan pembangunan gedung semakin lama semakin meningkat. Tingginya peningkatan pembangunan tersebut, harus didukung dengan adanya penerapan sistem proteksi terhadap bangunan gedung guna mengantisipasi kecelakaan dan bencana, salah satunya adalah dengan penerapan sistem proteksi kebakaran. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat kesesuaian dan keandalan manajemen proteksi kebakaran di Gedung laboratorium PGSD Universitas Samudra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa Metode analisis deksriptif, bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem proteksi kebakaran terhadap bahaya kebakaran, melalui pengamatan langsung, berdasarkan peraturan Menteri pekerjaan Umum No.26/PRT/M/2008 dan lembar penilaian Pd-T-11-2005-C, tentang Pemeriksaan Keselamatan Keabakaran Bangunan Gedung. Hasil dari penelitian ini, pada penerapan sarana penyelamatan menghasilkan nilai bobot nilai 2,163 ≈ 2 yang menyatakan kondisi penerapan fire savety management Laboratorium PGSD Universitas samudra sudah sesuai dengan peraturan, dan sistem proteksi pasif menghasilkan bobot nilai 2,542 ≈ 3 yang menyatakan, kondisi penerapan fire savety management Laboratorium PGSD Universitas samudra sudah sangat sesuai dengan peraturan, sedangkan untuk perhitungan, Nilai Keandalan Sistem Keselamatan Bangunan (NKSKB) sebesar 77,34 % hal ini menunjukan bahwa nilai keandalan bangunan Laboratorium PGSD Universitas Samudra cukup.

References

Agus Setyadi. 2022. “Kebakaran Suzuya Mall Banda Aceh Hanguskan Seluruh Lantai”

Djafar, Anggriyawan, Aminullah Thaib, and Mujakir Seba. 2021. “Evaluasi Tingkat Kepentingan Alat Perlengkapan Serta Pencegahan Resiko Kebakaran Pada Bangunan Gedung Berlantai di Kabupaten Pulau Morotai” Jurnal Teknik SILITEK, 1(1): 1–8.

Effendie, Moch. Ichwan Nur. 2017. “Penerapan Fire Safety Management Pada Bangunan Gedung Grand Slipi Tower Dikaitkan Dengan Pemenuhan Peraturan Dan Standar Teknis Proteksi Kebakaran” Jurnal Media Teknik & Sistem Industri, 1: 1–6.

Hermansyah, Dede, Mochammad Afifuddin, and Abdul Munir. 2018. “Kesiapan Sistem Penanggulangan Kebakaran Pada Gedung Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala” Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan 1(2): 121–27.

Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 2008. “Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 26 Tahun 2008 Tentang Sistem Proteksi Kebakaran Pada Bangunan Gedung Dan Lingkungan”, 1–311.

Muchtar, Husnul Khatimah, Hasbi Ibrahim, and Siti Raodhah. 2016. “Analisis Efisiensi Dan Efektivitas Penerapan.” HIGIENE: Jurnal Kesehatan Lingkungan 2(2): 92–98.

Mursyadi, Ari. 2016. “Sistem Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Pada Bangunan Gedung Di Singkawang.” Jurnal Tehnik Sipil, 16(1).

Pemerintah Aceh. 2022. “Badan Penanggulangan Bencana Aceh”

Pemerintah Indonesia. 2002. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung” (1).

Pemerintah Indonesia. 2007. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penaggulangan Bencana”, 1–50.

Pratama, Rangga, and Rian Trikomara. 2017. “Analisis Keandalan Sistem Keselamatan Bangunan Terhadap Baha Kebakaran (Studi Kasus : Gedung Rumah Sakit Ibu Dan Anak Eria Bunda Kota Pekanbaru)”, 4: 2–7.

Ramli, Soehatman. 2010. Petunjuk Praktisi Manajemen Kebakaran. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat. Jakarta.

Salena, Inseun Yuri, Meylis Safriani, and Novrizal. 2019. “Identifikasi Sistem Proteksi Kebakaran Serta Tingkat Keandalan Keselamatan Bangunan Fakultas Kesehatan Masyarakat Di Universitas Teuku Umar.” Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 5: 1–9.

Wally, Sinta Nuria, Octovianus Jamlaay, and Meyke Marantika. 2022. “Analisis Manajemen Risiko Pada Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu Dan Perpustakaan Man 1 Maluku Tengah.” Menara: Jurnal Teknik Sipil, 17(2): 61–69.

Widianto, Fajar, Lenggogeni, and Henita Rahmayanti. 2022. “Evaluasi Pemeliharaan Dan Perawatan Bangunan Gedung K. H. Hasjim Asj’Arie, Kampus a, Universitas Negeri Jakarta” Menara: Jurnal Teknik Sipil, 17(1): 35–42.

Published
2023-08-07