Pengaruh Parkir on Street terhadap Kapasitas dan Derajat Kejenuhan Jalan (Studi Kasus : Jalan Kh Ramli Kota Makassar)

  • Muhammad Ridha Kasim Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Alifuddin UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
  • Mukti Maruddin UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
  • Muh Syarif Burhanuddin UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

Abstract

Parkir on Street pada badan jalan akan menimbulkan banyak permasalahan, salah satunya adalah kemacetan dan tundaan. Kemacetan dapat terjadi karena menurunnya kapasitas jalan yang ada. Penrurnan kapasitas jalan dapat disebabkan oleh berkurangnya lajur efektif pada jalan, karena sebagian lajur digunakan untuk parkir on street. Jalan KH Ramli merupakan salah satu jalan di Kota Makassar yang mendapat izin parkir on street oleh stakeholder terkait, yang lokasinya berada tepat di pusat Kota Makassar. Dalam kondisi yang paling ramai, 2 lajur jalan ini akan digunakan untuk parkir oleh pengujung toko di sepanajang jalan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parkir on street terhadap kinerja ruas Jalan KH Ramli di Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan perhitungan derajat kejenuhan dari MKJI dengan berbagai skenario parkir. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada kondisi paling ramai, terjadi penurunan kapasitas jalan sebesar 50,6% dan derajat kejenuhan sebesar 46,5% pada kondisi dimana terdapat 2 lajur yang digunakan untuk parkir on street di Jalan KH. Ramli

References

Anggoro, D. Y., Yulianto, B., & Mahmudah, A. (2018). ANALISIS KARAKTERISTIK ON STREET PARKING DI RUAS JALAN BRIGJEND SLAMET RIYADI (SIMPANG EMPAT GLADAG – SIMPANG EMPAT PASAR PON) KOTA SURAKARTA . e-Jurnal MATRIKS TEKNIK SIPIL, 339-349.

Anies, M. K., & Kasim, M. R. (2022). Level Of Service Pedestrian in Makassar to Support Multimodal Transportation. International Journal of Innovative Science and Research Technology Volume 7, Issue 3 , 1240-1242.

Bina Marga, D. J. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: SWEROAD Bekerja Sama dengan PT. Bina Karya (PERSERO).

Das, D., & Ahmed, M. A. (2017). On-Street Parking Demand Estimation in Urban CBD using FI and CF Model: A Case Study – Kolkata, India. Indian Journal of Science and Technology, Vol 10(12) March, 1-11.

Eskandari, M., & Nookabdi, A. S. (2018). OFF-STREET PARKING FACILITY LOCATION ON URBAN TRANSPORTATION NETWORK CONSIDERING MULTIPLE OBJECTIVES: A CASE STUDY OF ISFAHAN (IRAN). Transport, 2018, 33(4): 1067–1078, 1067-1078.

Hani, S. (2019). Pengaruh Parkir Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Studi Kasus Jalan Wahidin Depan Sekolah Wiyata Darma . Regional Development Industry & Health Science, Technology and Art of Life (Ready Star 2), 404-411.

Jakob, M., & Menendez, M. (2019). Macroscopic Modeling of On-Street and Garage Parking: Impact on Traffic Performance. Hindawi Journal of Advanced Transportation Volume 2019, 1-20.

Kasim, M. R. (2021). EVALUASI PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASAYARAKAT (PPKM) DI KOTA MAKASSAR DALAM MENURUNKAN PERGERAKAN DAN MOBILITAS. Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi ke-24 (hal. 462-471). Jakarta: Universitas Indonesia – Universitas Pembangunan Jaya.

Kasim, M. R., & Gunawan, A. B. (2022). Evaluasi Skala Pelayanan dan Rencana Penambahan Halte untuk Pengembangan Transportasi Multimoda di Kota Makassar. JURNAL TEKNIK SIPIL Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil Volume 29 Nomor 1 April, 99-106.

Kasim, M. R., Anies, M. K., & Springfield, D. (2021). Parking and Queue Analysis (Case study : New Sport Center in Kepanjen, Malang Regency). International Journal of Innovative Science and Research Technology Volume 6, Issue 7, July, 272-276.

Kasim, M. R., Waloejo, B. S., & Agustin, I. W. (2019). Comparative Study of BRT and Multimodal Transportation in Makassar City and Rio de Jenairo City . International Journal of Innovative Science and Research Technology Volume 4, Issue 12, December, 988-992.

Kusmianingrum, D. (2010). IDENTIFIKASI PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN KI SAMAUN TANGERANG. Jurnal PLANESA Volume 1 Nomor 2 November, 136-140.

Kusumanegara, D., Cahyono, E. B., Ismiyati, & Basuki, K. H. (2015). KOMPARASI PARKIR ON STREET TERHADAP KINERJA JALAN DENGAN MEDIAN DAN JALAN TANPA MEDIAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI (STUDI KASUS JALAN KH. AGUS SALIM DAN JALAN PANDANARAN). JURNAL KARYA TEKNIK SIPIL Volume 4, Nomor 1, 145-154.

Pradana, M. F., Bethary, R. T., & Nurhaesih, D. (2013). EVALUASI PARKIR DI BADAN JALAN /ON STREET PARKIN (STUDI KASUS RUAS JL JENDERAL AHMAD YANI–CILEGON) . JURNAL FONDASI , Volume 2 Nomor 2 , 132-141.

Purbanto, I. R. (2012). KARAKTERISTIK PARKIR PINGGIR JALAN (ON STREET PARKING) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi kasus : pada Ruas Jalan Sutoyu Denpasar) . Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 16, No. 2, Juli , 167-176.

Ranto, W., Rumayar, A. L., & Timboeleng, J. A. (2020). ANALISA KINERJA RUAS JALAN MENGGUNAKAN METODE MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (MKJI) 1997 . Jurnal Sipil Statik Vol.8 No.1 Januari , 77-82.

Rifai, A. I., Wibowo, T., Isradi, M., & Mufhidin , A. (2020). On Street Parking and Its Impact on Road Performance : Case Comersial Area in Jakarta City. World Journal of Civil Engineering Volume 1 Number 1 October, 10-18.

Septiansyah, M. V., & Wulansari, D. N. (2015). ANALISA KINERJA RUAS JALAN MEDAN MERDEKA BARAT, DKI JAKARTA. Jurnal Kajian Teknik Sipil Volume 3 Nomor 2 , 110-115.

Wibisana, H. (2009). Indeks Tingkat Pelayanan Jalan Berbasis Model Linier di Ruas Jalan Raya Kertajaya Indah Surabaya . JURNAL APLIKASI: Media Informasi & Komunikasi Aplikasi Teknik Sipil Terkini Volume 7, Nomor 1, Agustus, 6-14.

Widari, L. A., Akbar, S. J., & Fajar, R. (2015). ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN (Studi Kasus Jalan Medan–Banda Aceh km 254 sd KM 256. Teras Jurnal, Vol.5, No.2, September, 89-98.

Published
2023-07-04