ANALISIS BANGKITAN DAN PEMODELAN PERGERAKAN MAHASISWA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.21009/jmenara.v19i1.42675Keywords:
Analisis Regresi Linear, Bangkitan, Metode Furness, PemodelanAbstract
Masalah di bidang transportasi sering timbul akibat pesatnya pertumbuhan penduduk yang berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah kendaraan, juga terbatasnya fasilitas transportasi. Dalam mengatasi masalah tersebut, diperlukan upaya dalam perencanaan transportasi. Permasalahan laju pertumbuhan penduduk juga berpengaruh pada pertumbuhan sistem pendidikan. Berdasarkan pola pergerakan masyarakat yang cenderung bergerak menuju pusat kegiatan yang dalam hal ini adalah perguruan tinggi, maka akan berpengaruh pula pada kinerja sistem transportasi di sekitar perguruan tinggi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur sebagai perguruan tinggi, telah membuka program studi baru yang ditunjang dengan pembangunan gedung baru. Adanya hal tersebut berpotensi menambah daya tampung mahasiswa. Hal ini berpotensi menimbulkan masalah lalu lintas pada ruas jalan di sekitar kampus. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jumlah bangkitan pergerakan mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yang dihitung dengan matriks asal tujuan menggunakan metode furness yang dipengaruhi oleh faktor-faktor bangkitan perjalanan. Persamaan model bangkitan didapatkan dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Dari analisis regresi linear berganda, penelitian ini mendapatkan hasil berupa persamaan model bangkitan Y = 280,429 – 11,355 X1 – 1,873 X3, dimana X1 adalah usia dan X3 adalah jarak tempuh, sedangkan perkiraan jumlah mahasiswa pada umur rencana 5 tahun adalah sebesar 30.098 mahasiswa.
References
Adha, S. A., Wibisono, R. E., Sabrina, M. A., & Putri, O. E. (2023). Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Simpang Tak Bersinyal Jalan Pulo Wonokromo Kota Surabaya Menggunakan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023 Wonokromo Street, Surabaya City with Indonesian Road Capacity Guidelines 2023. Mitrans: Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi, 1(3), 383–391.
Ali, M. I., & Abidin, M. R. (2018). Pengaruh Kepadatan Penduduk Terhadap Intensitas Kemacetan Lalu Lintas di Kecamatan Rappocini Makassar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 1(1).
Astuti, P., Muliana, R., & Kumayawati, S. (2023). Karakteristik Pergerakan Mahasiswa Universitas Lancang Kuning Kota Pekanbaru. Journal of Urban and Regional Planning for Sustainable Environment (JURPS), 2(1), 1–13.
Chrisnawati, Y. (2016). Model Regresi Bangkitan dan Tarikan Penumpang Kapal Study Kasus: PT. Pelni (Persero). Menara: Jurnal Teknik Sipil, 11(1), 45–63.
Florida, E., Ngasi, D., & Wulandari, F. A. (2023). Analisis Kinerja Dinas Perhubungan Kota Batam Dalam Pelaksanaan Program Area Traffic Control System (ATCS) di Kota Batam Tahun 2019. Aufklarung: Jurnal Pendidikan , Sosial Dan Humaniora, 3(3), 216–227.
Indrajaya, I. G. B. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Tenaga Kerja, Tingkat Pertumbuhan Penduduk dan Kepadatan Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan, 11(3), 887–899.
Jaballah, D. I., & Ahyudanari, E. (2023). Analisis Perencanaan Kereta Bandara Internasional Ngurah Rai Berbasis Autonomous. Jurnal Teknik ITS, 12(3), 112–126.
Muzaki, F. H., & Pranoto, W. J. (2024). Analisis Regresi Linear Dalam Data Mining Untuk Prediksi. Jurnal Ilmu Teknik, 1(2), 261–266.
Priyatno, D. (2013). Analisis Korelasi, Regresi, Multivariate dengan SPSS. Gava Media.
Ridwanulloh, M. U., Rohmah, I. A., & Sholikhah, N. Q. (2023). Optimalisasi Manajemen Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SDN Banjaran 4 Kota Kediri. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(2), 127–144.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Widyawarman, D., & Hastono, T. (2023). Sistem Monitoring Kwh Meter Digital Berbasis IOT Pada Laboratorium Peralatan Medis. Journal Online of Physics, 8(3), 80–86.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Citrawati, Ibnu Sholichin, Fithri Estikhamah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.