Metode Pelaksanaan Pekerjaan Jalan Akses PKP-PK Bandar Udara Ngloram - Blora

  • Zhabri Darmawan Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Suse Lamtiar Simbolon Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Widi Farah Diba Putri Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
Keywords: Bandar Udara, Jalan Akses, Konstruksi, Perkerasan Lentur, PKP-PK

Abstract

Pembangunan jalan akses (Access Road) PKP-PK Bandar Udara Ngloram di Kabupaten Blora adalah suatu kebutuhan vital dalam mendukung operasional bandar udara tersebut. Jalan akses ini bertujuan untuk memfasilitasi pergerakan personel PKP-PK dan penanggulangan situasi darurat secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggambarkan metode pelaksanaan pekerjaan jalan akses menggunakan perkerasan lentur. Perkerasan lentur dipilih karena elastisitasnya yang mampu menahan beban dan lendutan, serta kemampuannya dalam mendistribusikan beban ke lapisan di bawahnya. Tahapan pelaksanaan pekerjaan mencakup persiapan, pengukuran, mobilisasi dan demobilisasi, pembersihan lahan, galian, timbunan, pemadatan subgrade, pembuatan lapisan subbase dan base course, serta pemasangan lapis permukaan menggunakan asphalt concrete (AC). Penggunaan alat berat seperti excavator, vibro roller, dan asphalt finisher membantu dalam proses konstruksi dengan efisien. Hasil pengukuran dan pengujian lapangan menunjukkan bahwa tahapan pekerjaan telah dilaksanakan sesuai dengan spesifikasi teknis yang telah ditetapkan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman yang baik tentang metode pelaksanaan pekerjaan jalan akses PKP-PK Bandar Udara Ngloram sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan penerbangan. Hal ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi pihak terkait dalam memastikan kelancaran dan keberhasilan pembangunan infrastruktur bandar udara yang aman dan efisien.

References

Akbar, S. J., Burhanuddin, dan Jufriadi. (2021). “Hubungan Nilai CBR dan Sand Cone Lapisan Pondasi Bawah pada Perkerasan Lentur Jalan.” Teras Jurnal: Jurnal Teknik Sipil, 5(1), 21–31.

Ardiansyah, A. dan Albanna, F. (2022). “Analisis Pemeliharaan pada Kendaraan Operasional PKP-PK di Bandar Udara Adi Soemarmo Solo.” AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 19–28.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. 2014. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2021 tentang Spesifikasi Fasilitas Sisi Udara.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. 2022. PR 30 Tahun 2022 tentang Standar Teknis dan Operasi Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 139 (Manual Of Standard CASR Part 139) Volume IV Pelayanan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).

Ing, T. L. dan Riana, S. (2019). “Analisis Kondisi Permukaan Perkerasan Jalan Pada Jalan Lemahneundeut dengan Metode PCI dan RCI.” Jurnal Teknik Sipil, 36–45.

Karma, M. (2021). “Sistem Manajemen Pemeliharaan Perkerasan Landasan di Bandar Udara.” Warta Ardhia, 46(2) 133.

Laksono, B. I. dan Suprapti. (2024). “Analisis Kesiapan Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) dalam Kecelakaan Pesawat di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap.” April: Journal of Management and Social Sciences, 2(2), 12–26.

Nizam, M. K. dan Sastra, M. (2020). “Metode Pelaksanaan Pekerjaan Jalan (Studi Kasus: Jalan Pambang – Teluk Lancar Sta 1+600 – Sta 3+100).” Jurnal Inovtek Seri Teknik Sipil dan Aplikasi, 2(2), 81.

Nur, A. dan Risdianto, Y. (2022). “Penambahan Kapur sebagai Stabilisasi Tanah Ekspansif untuk Lapisan Tanah Dasar (Subgrade).” Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 4(2), 90–95.

Siswoyo, Maliki, A., dan Soepriyono. “Identifikasi Kerusakan Jalan Metode PCI Studi Kasus di Ruas Jalan Kabupaten Gresik.” Menara: Jurnal Teknik Sipil, 19(1), 71–79.

Sukarno, E. W. (2022). “Studi Kasus Perbandingan Efisiensi Biaya Antara Pekerjaan Jalan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) dengan Perkerasan Lentur (Flexible Pavement) di Kabupaten Ngawi.” Jurnal Impresi Indonesia, 1(10), 1090–1101.

Tukuboya, T. A. dan Prakosawati, E. E. (2022). “Analisis Fasilitas Ruang Tunggu di Terminal Keberangkataan Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon bagi Kepuasan Penumpang.” AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 1–7.

Published
2024-07-17