Perbandingan Metode International Roughness Index Dan Surface Distress Index, Studi Kasus Ruas Jalan Irigasi Harapan Jaya Kota Bekasi Sta 0+000-Sta 2+000

Authors

  • Ahmad Iqbal Jakarta Global University
  • Aulia Choiri Windari Jakarta Global University
  • Ribut Nawang Sari Jakarta Global University

DOI:

https://doi.org/10.21009/jmenara.v19i2.47798

Keywords:

Metode SDI, Metode IRI, Penghubung Wilayah, Tingkat Kerusakan

Abstract

Jalan merupakan infrastruktur penting dalam mendukung berbagai aspek pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui tingkat kerusakan pada Jalan Irigasi Harapan Jaya, Kota Bekasi, dari STA 0+000 hingga STA 2+000. Metode Surface Distress Index (SDI) digunakan untuk menilai kerusakan jalan dengan rentang nilai dari 0 hingga 150. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai IRI Jalan Irigasi Harapan Jaya adalah 18,5, masuk dalam kategori rusak berat. Selain itu, nilai rata-rata SDI Jalan Irigasi Harapan Jaya adalah 156, juga menunjukkan kondisi rusak berat. Untuk jalan dalam kondisi baik atau sedang, pemeliharaan berkala diperlukan untuk menjaga kemampuan strukturalnya. Sedangkan jalan dalam kondisi rusak berat memerlukan perbaikan struktural atau rekonstruksi untuk mencapai tingkat pelayanan yang optimal. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam menentukan jenis pemeliharaan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kondisi jalan Irigasi Harapan Jaya.

References

Annisa, A. N., Fahsa, M. N. N., dan Adiman, E. Y. (2022). “Analisis Kerusakan Jalan Metode Sdi dan Iri (Studi kasus: Ruas Jalan Bangau Sakti–Pekanbaru).” Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur, 28 (1).

Aptarila, G., Lubis, F., dan Saleh, A. (2020). “Analisis Kerusakan Jalan Metode SDI Taluk Kuantan–Batas Provinsi Sumatera Barat.” Siklus: Jurnal Teknik Sipil, 6(2), 195–203.

Desei, F. L., Kadir, Y., dan Ende, A. Z. (2023). “Evaluasi Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Surface Distress Index dan International Roughness Index.” Jurnal Konstruksia, 15(1), 67.

Ikhsani, M. A., Setiawan, N. S., Yuningsih, N., Pratama, Y. A., dan Adiman, E. Y. (2020). “Analisis Kondisi Perkerasan Jalan Metode IRI dan RCI Menggunakan Aplikasi Roadroid Jalan Kubangraya, Pekanbaru.” Jurnal Teknik Sipil (Journal of Civil Engineering, University of Tanjungpura), 21(2).

Irianto dan Rochmawati, R. (2020). “Studi Penilaian Kondisi Kerusakan Jalan dengan Metode Nilai International Roughness Index (IRI) dan Surface Distress Index (SDI) (Studi Kasus Jalan Alternatif Waena–Entrop).” Jurnal DINTEK, 13(2), 2589–8891.

Kuswantoro, A. F. (2023). “Analisis Penanganan Kerusakan Jalan Nasional Panarukankabupaten Situbondo Dengan Metode Bina Marga 2011 Danaastho 1993.” Politeknik Negeri Malang.

Marjono, Burhamtoro, dan Sasongko, R. (2022). “Penilaian Kondisi Permukaan Jalan Menggunakan Aplikasi Roadroid pada Jalan Veteran–Bandung Kota Malang.” Jurnal Manajemen Teknologi & Teknik Sipil, 5(2), 178.

Sangle, P. R., Tonapa, S. R., dan Kamba, C. (2021). “Nilai Surface Distress Index Dan International Roughness Index.” Jurnal Matriks Teknik Sipil, 9(1), 15–22.

Siswoyo, Maliki, A., dan Soepriyono. (2024). “Identifikasi Kerusakan Jalan Metode PCI Studi Kasus di Ruas Jalan Kabupaten Gresik.” Menara: Jurnal Teknik Sipil, 19(1), 71–79.

Tho’atin, U., Setyawan, A., dan Suprapto, M. (2022). “Penggunaan Metode International Roughness Index (IRI), Surface Distress Index (SDI) dan Pavement Condition Index (PCI) untuk Penilaian Kondisi Jalan di Kabupaten Wonogiri.” Prosiding SEMNASTEK.

Wibowo, A., dan Setiyadi, E. (2023). “Klasifikasi dan Deteksi Keretakan Pada Trotoar Menggunakan Metode Convolutional Neural Network.” Jurnal Teknik Sipil Cendekia (JTSC), 4(1), 412–427.

Downloads

Published

2024-07-31