Penerapan Analisis Kuadran dalam Evaluasi Peningkatan Layanan Rusunawa ASN Pemerintah Daerah Kabupaten Agam (In Press)

Authors

  • Astrha Fashalli Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andalas Departemen Teknik Sipil Universitas Andalas, Kampus Unand Limau Manis Padang
  • Taufika Ophiyandri Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andalas Departemen Teknik Sipil Universitas Andalas, Kampus Unand Limau Manis Padang
  • Akhmad Suraji Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andalas Departemen Teknik Sipil Universitas Andalas, Kampus Unand Limau Manis Padang

DOI:

https://doi.org/10.21009/jmenara.v21i1.55961

Keywords:

Importance-performance Analysis, Kepuasan Penghuni, Pengelola, Prasarana Sarana dan Utilitas Umum (PSU), Rusunawa

Abstract

Pemerintah Kabupaten Agam memiliki sebuah rumah susun khusus untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun, kualitas bangunan, prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU), serta kondisi fisik rumah susun seringkali menjadi masalah. Tingkat kepuasan penghuni dapat menunjukkan kualitas pengelolaan rumah susun, terutama terkait sarana, prasarana, dan pengelolaannya. Penelitian ini bertujuan mencari tahu faktor-faktor yang kurang memuaskan penghuni terkait PSU dan pengelolaan rumah susun. Metode yang digunakan adalah observasi langsung kondisi PSU dan menyebar kuesioner kepada 57 penghuni. Data dianalisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), yang membandingkan tingkat kepentingan dan kepuasan dalam empat kuadran. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada 12 faktor yang dinilai belum memuaskan oleh penghuni. Faktor-faktor tersebut meliputi air bersih, tempat sampah, parkir, pembuangan air limbah, penerangan listrik, internet/wi-fi, sistem proteksi kebakaran, pemeliharaan bangunan, kedisiplinan pengelola, kecukupan SDM pengelola, pelayanan penanganan keluhan, dan ketersediaan tata cara pengaduan. Untuk meningkatkan kinerja, disarankan untuk mengoptimalkan PSU, melakukan pemeliharaan, memperbaiki manajemen pengelolaan, dan menyediakan anggaran yang memadai.

References

Arinda, N. H. (2021). Analisis Kepuasan Penghuni Terhadap Atribut Fisik dan Pelayanan di Rumah Susun Tidar Kota Magelang. Jurnal Paradigma Multidisipliner (JPM), 2(2), 153-166.

Budiman, M. A. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Penghuni Terhadap Ketersediaan Prasarana, Sarana, dan Utilitas di Rumah Susun Sederhana Sewa Panjang Kota Pekalongan. Universitas Semarang.

Darsono, Y., Wargadinata, B., dan Mulyati, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pengelola Terhadap Kepuasan Penghuni Rusunawa Cigugur Kota Cimahi. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Bidang Administrasi Sosial, Humaniora dan Kebijakan Publik, 5(4), 321-328.

Fashalli, A. (2017). Penerapan Analisis Kuadran dalam Evaluasi dan Peningkatan Layanan Penumpang Kereta Api Sibinuang. Universitas Andalas.

Faturrahman, F. D., Simbolon, T. A. S., Rejeki, A. P. S., dan Nielwaty, E. (2025). Quality Services the Yos Sudarso Flats, Meranti Pandak Rumbai Village, Pekanbaru. Variable Research Journal 2(3), 841-850.

Hartono, M., Eni, S. P., dan Sudarwani, M. M. (2025). Analisa Kenyamanan Hunian Rumah Susun Tipe 36. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 10(3), 2983-3002.

Kementerian Sekretariat Negara. (1992). Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1992 tentang Perumahan dan Permukiman. Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2022). Surat Edaran Nomor 12/SE/Dr/2022 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Bantuan Pembangunan dan Pengelolaan Rumah Susun. Jakarta.

Mawardi, Y. I., Wulandari, R., Istiqomah, G. K. W., Susila, R. L., dan Hendriavi, A. I. (2020). Analisis Kualitas Layanan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Semeru dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus : Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Semeru di Desa Triwungkidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Matrapolis: Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 1(1), 1-13.

Noviyanti, E., Wibowo, K., dan Ni'am, M. F. (2022). Analisis Value Engineering pada Proyek Perumahan Pesona Griya Asri di Kabupaten Kudus. Menara : Jurnal Teknik Sipil Universitas Negeri Jakarta 17(1), 1-8.

Purwaningdyah, N. W., Soemitro, R. A. A., dan Supriyatno, H. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Rusunawa Gunung Sari Surabaya. ITS Journal of Civil Engineering, 33(2), 75-85.

Putra, D. K., Bella, P. A., Tjung, L. J., dan Pribadi, I. G. O. S. (2023). Studi Perbedaan Persepsi Tingkat Kepuasan Antara Penghuni Tipe Tower dan Tipe Blok Rusunawa Penjaringan Terhadap Sistem Pengelolaannya. Jurnal Stupa: Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Aristektur, 5(2), 1975-1988.

Sujono. (2024). Pengaruh Kualitas Bangunan, Fasilitas dan Lokasi Rumah Susun Terhadap Tingkat Kepuasan Penghuni pada Hunian Rumah Susun Ponpes di Wilayah Jambi. Universitas Bina Darma.

Sukmana, F. H., Purnama, L., dan Utomo, P. K. (2024). Profil Sosio-Demografi dan Evaluasi Kepuasan Penghuni Rusunawa pada Aspek Infrastruktur, Pelayanan, dan Pengelolaan. Spirit Publik : Jurnal Administrasi Publik, 19(1), 87 -111

Wibowo, A. D. dan Azizah, R. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Penghuni Rusun Terhadap Kualitas Bangunan Rusunawa Kerkov, Jebres, Surakarta. Prosiding SIAR (Seminar Ilmiah Arsitektur), 5, 815-822

Downloads

Published

2025-08-27