Evaluasi Pemilihan Moda Transportasi antara Bus Rapid Transit (BRT) Trans Banjarmasin dan Kendaraan Pribadi (In Press)
DOI:
https://doi.org/10.21009/jmenara.v21i1.56531Keywords:
Bus Rapid Transit (BRT), Pemilihan Moda, Regresi Logistik, Transportasi PublikAbstract
Peningkatan jumlah kendaraan pribadi di Kota Banjarmasin mengindikasikan perlunya melakukan evaluasi terhadap tingkat minat masyarakat untuk beralih ke moda transportasi publik, khususnya BRT (Bus Rapid Transit) Trans Banjarmasin. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengevaluasi berbagai faktor yang memengaruhi preferensi masyarakat dalam memilih antara Bus Rapid Transit (BRT) dan kendaraan pribadi, serta untuk mengidentifikasi prioritas perbaikan layanan berdasarkan kebutuhan para pengguna. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik, yang dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat lima faktor signifikan yang memengaruhi minat menggunakan BRT, yaitu tariff, waktu tunggu di halte, keberadaan jalur khusus, kenyamanan halte, dan ketersediaan tempat duduk (1,268). Kelima faktor ini berkontribusi positif dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap kualitas layanan BRT. Berdasarkan factor-faktor tersebut maka prioritas peningkatan layanan BRT mencakup penetapan tarif yang terjangkau, optimalisasi waktu kedatangan bus dengan rentang 20–25 menit, penyediaan jalur khusus untuk meningkatkan efisiensi perjalanan, perbaikan fasilitas halte agar lebih bersih dan nyaman serta penyediaan tempat duduk yang memadai untuk mendukung kenyamanan pengguna saat menunggu. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi acuan peningkatan sistem transportasi publik yang lebih efisien, aman, dan berkelanjutan untuk Kota Banjarmasin.
References
Akhiary, A. A. dan Ardan, M. (2025). Analisis Kinerja Lalu Lintas Akibat Pengalihan Arus Lalu Lintas di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Medan. Portal: Jurnal Teknik Sipil, 17(1), 28-34.
Amrullah, I. dan Raflis. (2025). Value Based Decision pada Fasilitas Difabel Tunanetra di DKI Jakarta. Menara: Jurnal Teknik Sipil, 20(2), 120–131.
Candra, A. D. D. dan Muttaqien, A. R. P. (2024). Kinerja Pelayanan Bus Rapid Transit Dalam MenunjangKebutuhan Transportasi Perkotaan. Jurnal Kajian Ruang, 4(2), 153-170.
Dinar, I., Malkhamah, S., dan Muthohar, I. (2020). Faktor - faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Moda di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru. Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 13(1), 42–55.
Hanselmann, T. (2024). Urban Mobility Challenges in Bangkok: A Comprehensive Study of Mobility Behavior and Mobility as a Service (MaaS). University West.
Maisara, M., Hujiyanto, H., dan Hakiman, H. (2023). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Angkutan Umum di Kota Kendari. Sultra Civil Engineering Journal (SCiEJ), 4(2), 149-160.
Muntsari, D. R. R. A., Kriswardhana, W., dan Hasanuddin, A. (2021). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Penumpang Antara Bus dan Kereta Api Rute Surabaya-Jakarta. Jurnal Teknik Sipil, 10(1), 31-39.
Putri, R. A. R., Dwimayanti, I. H., Puspo, B., dan Afrizal, T. (2024). Public Value Pengguna Layanan Bus Rapid Transit (BRT) Di Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 13(2), 16–40.
Rahman, F. I., Bari, M. M., Islam, M. A., dan Joyanto, T. P. (2020). Analysis of Mode Choice Behavior and Value of Time in Dhaka City, Bangladesh. International Journal for Traffic and Transport Engineering, 10(2), 138–152.
Sianipar, J. A., Astuti, P., dan Turtiantoro. (2022). Analisis Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pemenuhan Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Layanan Moda Transportasi di DKI Jakarta. Journal of Politic and Government Studies, 11(2), 503-520.
Sinaga, S. M., Hamdi, M., Wasistiono, S., dan Lukman, S. (2019). Implementasi Kebijakan Angkutan Umum Massal Berbasis Bus Rapid Transit (BRT) dalam Mewujudkan Sistem Transportasi Publik Perkotaan yang Berkeadilan dan Berkelanjutan di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Papatung: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan, dan Politik, 2(3), 203-220.
Suzuki, H., Cervero, R., dan Iuchi, K. (2013). Transforming Cities with Transit: Transit and Land-use Integration for Sustainable Urban Development. Washington DC: International Bank for Reconstruction and Development / The World Bank.
Syarifullah, M. (2023). Model Pemilihan Moda Antara Kendaraan Pribadi dan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat.
Tangi, D. S., Karels, D. W., dan Hangge, E. E. (2022). Analisis pemilihan moda transportasi angkutan umum di Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Teknik Sipil, 11(1), 77-90.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2026 Niken Meillisa Putri, Nur Endah Widyawati, Fitriani Hayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
