Pelatihan pengembangan bahan ajar topik kinetika kimia dan termokimia bagi guru-guru kimia mgmp jakarta timur 1

Authors

  • Afrizal Afrizal S2 Pend Kimia UNJ
  • Yusmaniar

DOI:

https://doi.org/10.21009/perduli.v4i01.31619

Keywords:

bahan ajar kinetika, bahan ajar termokimia

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat (P2M) ini telah dilaksanakan untuk guru-guru SMA yang tergabung dalam MGMP Kimia Jakarta Timur 1, DKI Jakarta pada tanggal 1 september 2022 di SMAN 61 Jakarta. Program pelatihan dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu pendahuluan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Pada tahap pendahuluan, dilakukan analisis kebutuhan berupa pengumpulan data mengenai perlunya mengembangkan bahan ajar kinetika kimia dan termokimia selama pandemi COVD-19 bagi guru-guru SMA di Wilayah Jakarta Timur DKI Jakarta. Tahap kedua, tahap Pelaksanaan, dimana program pelatihan dilaksanakan secara hybrid yaitu berupa online dan offline training menggunakan metode ceramah, tanya jawab, simulasi, penugasan, dan pengamatan terhadap keterampilan peserta pelatihan. Pada tahap ketiga atau disebut tahap evaluasi. Evaluasi program pelatihan dilakukan secara menyeluruh terhadap unsur materi, pelatih, dan peserta pelatihan. Luaran kegiatan ini adalah meningkatnya kualitas pembelajaran guru-guru SMA dalam menyampaikan materi bahan ajr kinetika kimia dan termokimia kepada peserta didik. Selain itu juga terlihat ada beberapa guru yang secara inovatif memanfaatkan teknologi sebagai bahan pembelajaran di sekolah untuk peserta didik.

References

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo.
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, Dan Remediasinya. Rineka Cipta.
Abrantes, J. L., Seabra, C., & Lages, L. F. (2007). Pedagogical affect, student interest, and learning performance. Journal of Business Research, 60(9), 960–964. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.
Atkins’. (2010). Physical Chemistry 9th Edition, Peter Atkins and Julio de Paula. Oxford University Press.
Baharuddin. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Arruz Media.
Basso, A., & Chiorri, C. (2018). Research and Practice Improving the interest of high-school students toward chemistry by crime scene investigation. 558– 566. https://doi.org/10.1039/c7rp00232g
Brady, J. . dan H. (1990). General Chemistry Principle and Structure (4th ed.). John
Willey & Sons,Inc.
Chang, R. (2004). Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti (3rd ed.). Erlangga.
Cheung, D. (2018). The key factors affecting students’ individual interest in school science lessons. International Journal of Science Education, 40(1), 1– 23. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1362711
Creswell, J. W. (2007). Qualitative enquiry & research design, choosing among five approaches. In Book: Vol. 2nd ed. Sage Publications. Dees, R. (1991). The Role Cooperative Learning in Increasing Problem Solving Ability in a College Remedial Course. Journal for Research in Mathematics Education.
Denispriyanti, I., & Kamaludin, A. (2021). The Analysis Student Interest in Chemistry Subjects on the National Exam in MAN Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 9(2), 146. https://doi.org/10.26714/jps.9.2.2021.146-151
Dymock, S. (2002). Comprehension Strategy Instruction: Teaching Narrative Text Structure Awareness. 161–167. https://doi.org/10.1598/RT.61.2.6
Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aktif Di
Sekolah. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30.
https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689
Dewi, A., Tika, N., & Suardana, I. N. (2019). Komparasi Praktikum Riil Dan
Praktikum Virtualterhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Pada Pembelajaran
Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 85.
https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21236
Gagne, M, R., Briggs, L. J., & Warge, W. W. (1992). Principles of Instructional Design. Hobcourt Brace Ivanovic. Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Pt.Grasindo.
Hamalik. (1994). Media Pendidikan. Cipta Aditya Bakti. Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning.
Gilbert, L., Whitelock, D., & Gale, V. (2011). Synthesis report on assessment and feedback with technology enhancement. Southampton: Electronics and Computer Science EPrints.
Kocdar, S., Karadeniz, A., Peytcheva-Forsyth, R., & Stoeva, V. (2018). Cheating and plagiarism in Eassessment: students’ perspectives. Open Praxis, 10(3), 221.
Kuh, G.D., Jankowski, N., Ikenberry, S.O., & Kinzie, J. (2014). Knowing what students know and can do: The current state of student learning outcomes assessment in US colleges and universities. Urbana: National Institute for Learning Outcomes Assessment.
Kundu, A., Bej, T., & Dey, K.N. (2020). Indian educators’ awareness and attitude towards assistive technology. Journal of Enabling Technologies, 14(4), 233-251.
Mason, J.C. (2014). Theorizing why in digital learning: Opening frontiers for inquiry and innovation with technologies. In Sampson, D.G., Ifenthaler, D., Spector, J.M., & Isaıas, P. (Eds), Digital Systems for Open Access to Formal and Informal Learning (pp. 101-120). New York: Springer.
Morais, C., & Saude, I. (2019). Research and Practice Awakening to chemistry through storytelling and practical activities : middle school students interacting with pre-school children. 302–315. https://doi.org/10.1039/c8rp00096d

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Afrizal, A., & Yusmaniar. (2023). Pelatihan pengembangan bahan ajar topik kinetika kimia dan termokimia bagi guru-guru kimia mgmp jakarta timur 1. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01), 1–9. https://doi.org/10.21009/perduli.v4i01.31619