Penerapan Konsep User Experience (UX) Pada Perancangan Dashboard Profil Mahasiswa Baru Universitas Negeri Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/pinter.3.2.2Keywords:
Dashboard, Profil, Mahasiswa Baru, User Experience, UsabilityAbstract
Pengolahan data penerimaan mahasiswa baru jenjang Strata 1 dan Diploma 3 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) belum didukung oleh sistem informasi. Hal tersebut menimbulkan beberapa masalah seperti sulitnya mendapatkan informasi untuk bahan evaluasi akreditasi, pemaparan profil program studi, penentuan daya tampung, prediksi penerimaan mahasiswa baru, dan rekapitulasi data mahasiswa baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sebuah dashboard yang dapat menyajikan visualisasi data penerimaan mahasiswa baru dalam bentuk grafik yang sederhana dan menarik. Perancangan dashboard menggunakan konsep User Experience untuk mengembangkan dashboard yang nyaman dan mudah digunakan oleh pengguna. Perancangan dashboard dibuat sampai pada tahap evaluasi dengan mengukur usability dari dashboard kepada calon pengguna. Pengujian usability dilakukan kepada pimpinan dan stakeholder UNJ sebanyak 35 orang. Pengujian usability meliputi tiga hal, yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Hasil menunjukkan bahwa dari segi efektivitas sebagian besar task berada diatas rata-rata completion rate, dari segi efisiensi memiliki waktu pemakaian produk yang cukup baik pada sebagian besar task dan dari segi kepuasan menunjukkan hasil baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil pengujian usability, maka dashboard dapat dikembangkan lebih lanjut untuk digunakan oleh pimpinan maupun stakeholder UNJ.