Perbandingan Model Kooperatif Learning Tipe Student Team Achievement Division Dengan Model Kooperatif Learning Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Multimedia Di SMK Taruna Bhakti
DOI:
https://doi.org/10.21009/pinter.1.1.2Keywords:
Model Student Team Achivement Division, Kooperatif Learning, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) dengan model pembelajaran Kooperatif Learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital. Penelitian dilakukan di SMK Taruna Bhakti Depok, dilaksanakan pada bulan April - Mei 2016. Model Student Team Achivement Division (STAD) merupakan model pembelajaran yang menerapkan siswa lebih aktif dan guru hanya sebagai fasilitator. Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimental, diberikan perlakuan terhadap kedua kelas dengan berbeda perlakuan. Masing – Masing kelas terdiri dari 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk kelas eksperimen diterapkan di kelas X Multimedia 1 dan untuk kelas kontrol diterapkan di kelas X TKJ 3, untuk mendapatkan data penelitian ini menguji siswa dengan tes awal dan tes akhir untuk mengukur kemampuan kognitif dengan tes pilihan ganda. hasil penelitian yang diterapkan Student Team Achivement Division (STAD) mendapatkan nilai rata-rata 83,98, sedangkan siswa yang diterapkan model Kooperatif Learning tipe Numbered Head Together (NHT) mendapatkan nilai rata-rata 78,55, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar simulasi digital antara yang diajarkan menggunakan model Student Team Achivement Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajarkan menggunakan model Kooperatif Learning tipe Numbered Head Together (NHT).