Aplikasi Pendeteksi Dugaan Awal Plagiarisme Pada Tugas Siswa Dan Mahasiswa Berdasarkan Kemiripan Isi Teks Menggunakan Algoritma Levenshtein Distance
DOI:
https://doi.org/10.21009/pinter.1.1.4Keywords:
Levenshtein distance, plagiarisme dokumen, kemiripan isi teksAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan algoritma Levenshtein distance pada aplikasi komputer yang dapat menghitung persentase kemiripan isi teks dokumen tugas siswa/mahasiswa sehingga dapat membantu guru/dosen dalam melakukan pendeteksian dugaan awal plagiarisme. Penelitian dilakukan di laboraturium Multimedia Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta dari bulan Agustus 2013 hingga April 2014. Metode yang digunakan adalah salah satu metode pengembangan perangkat lunak, yaitu metode Waterfall. Hasil uji coba menunjukkan bahwa setelah melalui tahapan-tahapan preprocessing, algoritma Levenshtein distance dapat diimplementasi pada aplikasi dan cocok untuk mendeteksi dugaan awal plagiarisme kata demi kata.