PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI UNPLUGGED BERBASIS TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI
DOI:
https://doi.org/10.21009/pinter.5.2.1Keywords:
Berpikir Komputasi, Unplugged, Team Assisted IndividualizationAbstract
Fasilitas teknologi merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar khususnya siswa SMK ranah teknologi dan informasi. Berpikir komputasi juga merupakan salah satu kemampuan pendukung yang harus dimiliki setiap siswa. Hal ini sejalan dengan studi pendahuluan yang telah peneliti lakukan, guru menyatakan bahwa siswa kesulitan serta kurang aktif saat mempelajari materi pemrograman dasar yang disebabkan oleh terbatasnya media yang digunakan dan metode yang kurang optimal. Maka, tujuan penelitian ini yaitu merancang media pembelajaran berupa unplugged dengan metode Team Assisted Individualization yang selanjutnya disebut BoCaGa. Dokumentasi media dirancang menggunakan animasi agar menggambarkan kegiatan pembelajaran dengan jelas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metode eksperimen semu pretest dan posttest control group design. Sehingga, diperoleh: 1) media pembelajaran dinyatakan layak digunakan dengan nilai persentase sebesar 94,23% termasuk kategori “Sangat Baik” oleh ahli media. (2) Media pembelajaran yang telah dirancang dapat meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa dengan rata-rata nilai gain sebesar 0,49 dan kriteria efektivitas “sedang”. (3) Respon siswa terhadap penggunaan BoCaGa menunjukkan nilai persentase sebesar 97, 87% dengan kategori ”Sangat Baik”.