PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM MASA PANDEMI COVID-19 BAGI DOSEN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Authors

  • Wahyu Makuta R. E. P. Universitas Negeri Jakarta
  • M. Ficky Duskarnaen Universitas Negeri Jakarta
  • Hamidillah Ajie Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/pinter.6.1.8

Keywords:

COVID-19, Video Tutorial, Google Classroom, Authoring Luther-Sutopo, Prinsip Desain Multimedia

Abstract

 

COVID-19 merupakan wabah yang melanda dunia pada awal tahun 2020. Pemerintah mengeluarkan peraturan yang membatasi berbagai aktivitas sosial, termasuk aktivitas di institusi pendidikan. Berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 mengenai Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) mengimbau agar wilayah yang terdampak COVID-19 untuk memberlakukan pembelajaran secara daring dari rumah melalui berbagai sarana daring. Sejak pandemi COVID-19, perkuliahan di Universitas Negeri Jakarta terpaksa beralih menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring. Namun, masih terdapat dosen di Universitas Negeri Jakarta yang belum terbiasa dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh, serta belum familier dengan teknologi yang digunakan dalam pelaksanaannya. Selain itu, belum tersedia media tutorial penggunaan teknologi PJJ yang dikembangkan khusus bagi dosen Universitas Negeri Jakarta. Tujuan dari penelitian ini yakni mengembangkan media video tutorial penggunaan Google Classroom sebagai salah satu platform PJJ yang dikhususkan bagi dosen Universitas Negeri Jakarta. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yakni Metode Luther – Sutopo (Authoring) dengan mengacu pada prinsip desain multimedia yakni prinsip coherence, segmentation, dan modality. Produk yang dihasilkan berupa video tutorial yang layak dari segi materi dan media serta sangat baik untuk digunakan oleh dosen Universitas Negeri Jakarta.

Downloads

Published

2022-06-01