PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DASAR DESAIN GRAFIS SEBAGAI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DI SMK NEGERI 34 JAKARTA

Authors

  • Diat Nurhidayat Universitas Negeri Jakarta
  • Mohamad Ihya Ulumudin Universitas Negeri Jakarta
  • Yuliatri Sastrawijaya Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/pinter.6.1.9

Keywords:

Bahan Ajar, Multimedia Interaktif, Dasar Desain Grafis

Abstract

Kegiatan pembelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 34 Jakarta mempunyai permasalahan karena belum mempunyai media pembelajaran yang sesuai dengan standar pembelajaran yang seharusnya, yaitu belum adanya bahan ajar yang terangkum sebagai bahan belajar siswa dan belum adanya jobsheet sebagai pendukung kegiatan praktik Dasar Desain Grafis.

Penelitian menggunakan metode pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), namun penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap implementation. Pembuatan aplikasi dasar desain grafis menggunakan software Adobe Flash Professional, validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran dasar desain grafis (guru), dan siswa menggunakan kuesioner/angket. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan bahan ajar dasar desain grafis sebagai multimedia pembelajaran interaktif berbasis android mendapatkan penilaian berdasarkan : 1) ahli materi memberikan nilai persentase 100% ”Ya” yang termasuk kategori sangat baik, 2) ahli media diperoleh rata-rata skor 9.1 yang termasuk kategori sangat baik, 3) praktisi pembelajaran dasar desain grafis (guru) diperoleh rata-rata skor 9.1 yang kategori sangat baik, dan 4) Siswa diperoleh nilai persentase 91.19% yang termasuk kategori sangat baik.

Downloads

Published

2022-06-01