DESAIN DAN IMPLEMENTASI MANAGEMENT BANDWIDTH PADA HOTSPOT MIKROTIK DI SMK MUTIARA 17 AGUSTUS BEKASI

  • Achmad Fauzi Universitas Negeri Jakarta
  • M. Ficky Duskarnaen Universitas Negeri Jakarta
  • Hamidillah Ajie Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Desain dan Implementasi, Management Bandwitdh, Mikrotik, Metode Simple Queue

Abstract

Desain Dan Implementasi Management Bandwitdh Pada Hotspot Mikrotik Di SMK Mutiara 17 Agustus Bekasi. Pembimbing M. Ficky Duskarnaen, ST., M.Sc dan Hamidillah Ajie, S.Si., M.T.

Pengelolaan pada SMK Mutiara 17 Agustus saat ini masih belum maksimal. Permasalahan yang sering terjadi yakni guru maupun murid mendapatkan koneksi internet yang sangat lambat meskipun yang dimiliki SMK Mutiara 17 Agustus yakni 50 Mbps. Adanya router Mikrotik dan beberapa perangkat jaringan lainnya tidak dimanfaatkan dengan baik untuk menunjang kebutuhan internet guru serta murid dalam mengakses bahan ajar. Oleh sebab itu, dibuatlah desain dan implementasi sistem manajemen agar dapat menunjang kebutuhan guru dan murid di SMK Mutiara 17 Agustus.

Proses desain dimulai dari tahap perancangan sampai dengan pengujian. Konfigurasi manajemen menggunakan router Mikrotik. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode simple queue. Proses pengujian hasil desain menggunakan metode blackbox testing dengan teknik feature test. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa desain manajemen menggunakan hotspot Mikrotik dapat bekerja dengan baik dan dapat dijadikan acuan dalam implementasi kebutuhan koneksi guru dan murid pada SMK Mutiara 17 Agustus.

Published
2022-06-01
Section
Articles