SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PENERIMAAN ANGGOTA BARU BPRS ERAFM-UNJ DENGAN MODEL FUZZY MULTI ATTRIBUTE DECISION MAKING (FMADM) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDICTIVE WEIGHTING (SAW)

  • Nurul Azizah Universitas Negeri Jakarta
  • Bambang Prasetya Adhi Universitas Negeri Jakarta
  • Widodo Universitas Negeri Jakarta
Keywords: SDM, Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Multi Attribut Decision Making, Simple Additive Wieighting (SAW), ERAFM UNJ

Abstract

Salah satu faktor penting dalam sebuah organisasi adalah sumber daya manusia (SDM). Dengan adanya SDM yang berkualitas, produktivitas dalam sebuah organisasi akan tetep stabil dan semakin meningkat. Tetapi dalam pelaksanaannya BPRS ERAFM-UNJ mengalami masalah, permasalahan yang terjadi yaitu mengalami kesulitan dalam menentukan SDM ERAFM yang baru dengan waktu yang singkat. Akibatnya ERAFM memiliki tenaga kerja yang sebenarnya tidak sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Hal ini secara tidak langsung dapat menghambat produktivitas ERAFM sendiri. Oleh karena itu, sistem pendukung keputusan dianggap dapat membantu untuk pengambilan keputusan yang tepat, cepat dan mengurangi kesalahan dalam menentukan SDM ERAFM yang baru.  Ada banyak metode untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan. Salah satunya adalah model Fuzzy Multi Attribut Decision Making dengan metode Simple Additive Wieighting (SAW). Model fuzzy ini digunakan untuk mencari alternatif dari sejumlah alternatif dangan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Sedangkan metode SAW digunakan untuk merangking dari alternatif yang ada.  Sistem ini diharapkan dapat digunakan dan informasi yang dihasilkan dapat membantu mempercepat dalam mengambil sebuah keputusan.

Published
2022-12-01
Section
Articles