PENGEMBANGAN ADVERGAME BERBASIS VISUAL NOVEL SEBAGAI MEDIA PROMOSI DIGITAL PRODI PTIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Authors

  • Ika Dashipa Muslihah Universitas Negeri Jakarta
  • Hamidillah Ajie Universitas Negeri Jakarta
  • Irma Permata Sari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/pinter.6.2.3

Keywords:

Advergame, Media Promosi, Visual Novel, MDLC

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan advergame berbasis visual novel sebagai media promosi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Jakarta. Pengembangan media promosi ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) versi Luther dengan enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Penelitian ini melalui dua tahap pengujian, yaitu pengujian alpha dan pengujian beta. Pengujian alpha dilakukan oleh pengembang dengan menggunakan metode black box test, yaitu pengujian yang hanya dilakukan untuk mengamati hasil dari eksekusi fungsional pada game yang dikembangkan. Selanjutnya, pengujian beta dilakukan oleh pemain game visual novel yang dikembangkan dari kalangan pelajar SMA/SMK sederajat. Tahap pengujian ini dilakukan untuk mengetahui apakah game visual novel yang dikembangkan dapat diterima oleh masyarakat khususnya pelajar SMA/SMK sederajat. Untuk mengevaluasi penggunaan game visual novel sebagai media promosi Prodi PTIK UNJ dilakukan pengujian efektivitas media menggunakan EPIC model dengan empat dimensi, yaitu dimensi empati, dimensi persuasi, dimensi dampak, dan dimensi komunikasi. Hasil pengujian alpha dan pengujian beta menunjukan bahwa keseluruhan fungsi dari game yang dikembangkan dapat berjalan dengan baik dan sesuai. Hasil dari evaluasi media promosi menggunakan EPIC model menunjukan bahwa media promosi ini dapat bekerja secara efektif sebagai media promosi Prodi PTIK Universitas Negeri Jakarta.

Downloads

Published

2022-12-01