PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

  • Fauzan Fattah Hermawan Universitas Negeri Jakarta
  • Yuliatri Sastrawijaya Universitas Negeri Jakarta
  • Erda Kamaruddin Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pembelajaran Jarak Jauh, Hasil Belajar, Kebebasan, Kemandirian, Keluwesan, Kesesuaian, Mobilitas, Efisiensi

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh secara populer diterapkan di berbagai institusi pendidikan sememjak meluasnya pandemi COVID-19, menggantikan pembelajaran konvensional dengan konteks pembelajaran secara langsung di dalam kelas. Hal tersebut yang menjadi latar belakang penulis dalam menyusun penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendapatkan jawaban secara empiris mengenai pengaruh antara Pembelajaran Jarak Jauh terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan variabel independen berupa Pembelajaran Jarak Jauh yang di dalamnya mengandung prinsip-prinsip: kebebasan, kemandirian, keluwesan, kesesuaian, mobilitas, dan efisiensi. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Rumpun Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta Angkatan Tahun 2020 pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner yang disebarkan kepada 149 responden, dengan masing-masing angket memiliki 33 butir pernyataan dalam bentuk skala Likert. Analisis data penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel kesesuaian dan efisiensi secara individu berpengaruh positif signifikan dalam memengaruhi hasil belajar mahasiswa. Sebaliknya, variabel kemandirian memiliki pengaruh negatif terhadap hasil belajar mahasiswa. Walaupun demikian, keenam prinsip Pembelajaran Jarak Jauh tersebut secara bersama-sama/simultan memengaruhi hasil belajar mahasiswa Rumpun Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta Angkatan Tahun 2020 dengan signifikan.

Published
2022-12-01
Section
Articles