PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE DENGAN MENGGUNAKAN FEDERAL ARCHITECTURE FRAMEWORK(FEAF) PADA STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN DI SMK KARYA GUNA

Authors

  • Andhini Dwi Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Bambang Prasetya Adhi Universitas Negeri Jakarta
  • Hamidillah Ajie Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/pinter.7.2.1

Keywords:

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Standar Nasional Pendidikan, Standar Isi, Enterprise Architecture, Federal Enterprise Architecture Framework (FEAF)

Abstract

Tujuan dari perancangan enterprise architecture (EA) adalah untuk mewujudkan suatu keselarasan antara strategi bisnis dan strategi teknologi informasi bagi kebutuhan organisasi. Untuk melakukan perancangan EA diperlukan metode yang terstruktur serta mudah digunakan, FEAF (Federal Enterprise Architecture Framework) adalah metodologi terstruktur yang menghasilkan cetak biru (blue print) yang  dapat  dijadikan sebagai acuan buku pedoman organisasi sekolah untuk mencapai tujuan strategisnya. SMK Karya Guna merupakan instansi pendidikan sekolah menengah kejuruan swasta, bernaung dibawah yayasan pendidikan. SMK Karya Guna berupaya untuk membina dan meningkatkan mutu pendidikan yang diselenggarakan sesuai dengan visi dan misi SMK Karya Guna yaitu menciptakan sumber daya manusia yang sesuai dengan tuntutan pasar kerja. Standar Nasional  Pendidikan  (SNP)  merupakan  kriteria  minimal tentang berbagai aspek yang relevan dalam pelaksanaan sistem pendidikan nasional dan harus dipenuhi oleh penyelenggara dalam satuan pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar Isi pada SMK merupakan salah satu syarat dari SNP yang harus dicapai dalam peningkatan mutu pendidikan, Untuk mencapai pemenuhan Standar Isi SNP tersebut, maka dibuat perancangan EA menggunakan metode FEAF yang terdiri atas empat tahapan level. Pada tahapan awal atau level pertama dilakukan analisis kondisi sekolah secara global dengan bantuan teknik PEST dan SWOT. Level kedua merupakan pengidentifikasian proses bisnis. Proses bisnis tersebut dikelompokkan menjadi bisnis utama dan pendukung. menggunakan bantuan analisis value chain. Level ketiga memuat pemodelan arsitektur informasi berupa gambaran umum database yang akan digunakan untuk menampung sistem informasi..Dan pada tahapan level keempat merupakan pembuatan model arsitektur enterprise berdasarkan matriks FEAF. Hasil dari penelitian ini berupa blueprint sebagai buku pedoman organisasi sekolah dalam mencapai pemenuhan standar isi di sekolah.

Downloads

Published

2023-12-01