PENGEMBANGAN MEDIA PODCAST PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMP NEGERI 187 JAKARTA

Authors

  • Fana Sumarna Universitas Negeri Jakarta
  • Diat Nurhidayat Universitas Negeri Jakarta
  • Yuliatri Sastrawijaya Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/pinter.7.2.9

Keywords:

Podcast, Ekstrakurikuler, Pramuka.

Abstract

Media pembelajaran berbasis podcast  untuk ekstrakurikuler Pramuka pada materi sandi morse belum ada dan perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa podcast  untuk ekstrakurikuler Pramuka.  Penelitian ini dikembangkan menggunakan model ADDIE dengan lima tahap , yakni Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pengembangan podcast  ini dilakukan dengan melalui beberapa tahap pengujian, yaitu pengujian terhadap Ahli Materi, pengujian terhadap Ahli Media, dan pengujian terhadap Responden Siswa.  Hasil pengujian dari ahli materi menghasilkan skor rata-rata 3,45 dengan kategori “Sangat Baik” dan pengujian ahli media menghasilkan skor rata-rata 3,75 dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan pada uji responden, menghasilkan skor rata-rata yakni 3,78 yang berarti pengembangan media podcast   pembelajaran jarak jauh pada ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 187 Jakarta dikategorikan “Sangat Baik”. Berdasarkan proses dan prosedur dalam mengembangkan podcast  pembelajaran serta pengujian yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa produk ini memiliki kualitas “Sangat Baik” dan dapat digunakan untuk media pembelajaran oleh peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 187 Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-01