PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS DIGITAL DAN KECUKUPAN INFORMASI TERHADAP KEMUDAHAN MENGGUNAKAN LAYANAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG

Authors

  • Fryda Fatmayati Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan
  • Aprilia Sony Putri Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan
  • Desiana Rachmawati Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

DOI:

https://doi.org/10.21009/pinter.8.1.1

Keywords:

Fasilitas Digital, Kecukupan Informasi, Layanan

Abstract

PT. Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang selalu berupaya dalam meningkatkan fasilitas digital yang diwujudkan kecukupan informasi. Dengan adanya fasilitas digital penumpang dengan mudahnya mencari berbagai informasi terkait penerbangan dengan mudah sehingga dapat mengefisiensi waktu dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan fasilitas digital dan kecukupan informasi terhadap kemudahan menggunakan layanan di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner. Kuesioner dalam penelitian ini dibagikan kepada seluruh penumpang Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang dengan jumlah 270 responden. Terdapat 2 variabel bebas (fasilitas digital) X1 dan (kecukupan informasi) X2 dan 1 variabel terikat (kemudahan menggunakan layanan). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi linear berganda dengan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketersediaan fasilitas digital terhadap kemudahan menggunakan layanan dan terdapat pengaruh kecukupan informasi terhadap kemudahan menggunakan layanan. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi Y sebesar 65% sedangkan 35 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2024-06-01