PENGEMBANGAN GAME EDUKASI COVID-19 BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC)

Authors

  • Miya Maryani Universitas Negeri Jakarta
  • Prasetyo Wibowo Yunanto Universitas Negeri Jakarta
  • Z.E. Ferdi Fauzan Putra Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/pinter.8.1.6

Keywords:

Game Edukasi, Covid-19, Android, Construct 3

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan game edukasi Covid-19 berbasis Android tentang penerapan protokol kesehatan 5M yang layak digunakan sebagai sarana sosialisasi penerapan protokol kesehatan bagi anak untuk mencegah penyebaran Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Multimedia Development Life Cycle dengan tahapan antara lain konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, dan pengujian. Penelitian ini dilakukan sejak September 2021 sampai dengan Januari 2022. Objek penelitian ini adalah anak usia 9-12 tahun yang berlokasi di daerah Kabupaten Tangerang, Banten. Game edukasi dibuat dengan mesin pembuat game yaitu Construct 3. Selain itu, aplikasi pendukung lainnya seperti adobe illustrator digunakan untuk membuat game asset. Game diuji kelayakan produknya oleh ahli materi, ahli media, dan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi produk oleh ahli materi mendapatkan nilai sebesar 100% dan ahli media sebesar 81,3%. Sedangkan hasil evaluasi produk oleh responden didapatkan nilai sebesar 87,96%. Maka, dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa game edukasi Covid-19 berbasis Android tersebut layak digunakan sebagai sarana sosialisasi penerapan protokol kesehatan bagi anak untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Downloads

Published

2024-06-01