ANALISIS PENGGUNAAN REELS INSTAGRAM UPT-LBK SEBAGAI MEDIA EDUKASI TERHADAP PEMAHAMAN STRAWBERRY GENERATION PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/pinter.8.2.4Keywords:
Reels Instagram, Penelitian Eksperimen, Uji T Independent Sample T TestAbstract
Berita dan informasi lebih mudah didapatkan dari media sosial, salah satunya adalah Instagram dengan beragam fitur – fitur yang disajikan. Instagram pun juga digunakan oleh seluruh masyarakat maupun organisasi, tak terkecuali Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan Konseling Universitas Negeri Jakarta (UPT-LBK UNJ) yang menggunakan Instagram sebagai media edukasi. Survey dilakukan untuk mengetahui fitur Instagram yang paling sering digunakan oleh Mahasiswa UNJ, hasilnya fitur reels Instagram. Maka dari itu perlu dilakukan analisis penggunaan konten reels Instagram UPT-LBK UNJ untuk mengetahui adakah pengaruh dalam pemberian materi mengenai Strawberry Generation. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang membagi dua kelompok sampel menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil penelitian dengan total 100 responden Mahasiswa UNJ dengan menggunakan uji t independent samples test yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh video reels Instagram UPT-LBK UNJ terhadap pemahaman mahasiswa mengenai Strawberry Generation dan mahasiswa puas dengan penggunaan video reels Instagram sebagai media edukasi. Reels Instagram memenuhi harapan dan kebutuhan mahasiswa UNJ dalam penyampaian materi edukasi pada Instagram UPT- LBK UNJ.