USABILITY TESTING PADA APLIKASI PEMESANAN MAKANAN BERBASIS ANDROID PADA KEDAI KOPI PERIANG

Authors

  • Myrza Ladin Nugroho Universitas Negeri Jakarta
  • Diat Nurhidayat Universitas Negeri Jakarta
  • Hamidillah Ajie Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/pinter.8.2.7

Keywords:

Aplikasi Pemesanan, Aplikasi Android, Usability Testing, System Usability Scale, Think Aloud

Abstract

Dengan terjadinya wabah Covid-19 ini, yang mulanya pemesanan di Kedai ini masih mencatat secara manual Kedai Kopi Periang lalu dikarenakan pemerintah menganjurkan social distancing jadi kedai ini menggunakan aplikasi berbasis android untuk media pemesanan agar mengurangi tertularnya Covid-19. Kemudian agar aplikasi yang digunakan dapat diterima oleh masyarakat, maka peneliti melakukan pengujian agar aplikasi tersebut dapat digunakan dan diterima oleh masyarakat. Pengujian tersebut menggunakan metode kuesioner System Usability Scale dan metode Think aloud. Hasil yang didapat metode System Usability Scale pada aspek efektivitas pada parameter task success rate mendapat presentase keberhasilan 87% dan pada parameter error during task performance mendapat nilai rendah yaitu 10%. Kemudian pada aspek efisiensi parameter number of clicks during task completion mendapat rata-rata 3.2 klik setiap task yang dijalankan oleh responden lalu pada parameter time per completed task mendapat rata-rata 10.65 detik. Selanjutnya pada aspek kepuasan rata-rata skor yang diujikan dengan kuesioner SUS mendapat nilai 75, dengan Tingkat acceptability berada di kategori Acceptable, tingkat grade scale termasuk dalam kategori C dan Adjective rating termasuk di kategori Good. Kemudian pada metode Think aloud para responden memberikan feedback yang diberikan dominan positif dengan tingkat persentase keberhasilan kesulurahan tugas yang dijalankan oleh responden mendapat skor 93%.

Downloads

Published

2024-12-01