EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KEBINEKAAN MODUL NUSANTARA DENGAN MODEL PENGAJARAN QUALITY, APPROPRIATENESS, INCENTIVE, DAN TIME (QAIT)

Authors

  • Wawan Syahputra Wijaya Universitas Negeri Jakarta
  • Ivan Hanafi Universitas Negeri Jakarta
  • Z.E. Ferdi Fauzan Putra Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/pinter.8.2.10

Keywords:

Kebinekaan, Kurikulum, Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, Model Pengajaran QAIT, Modul Nusantara, Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Abstract

Kegiatan pembelajaran Kebinekaan Modul Nusantara adalah salah satu bentuk implementasi dari kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Kegiatan tersebut memberi kesempatan untuk mahasiswa dalam mengeksplorasi bentuk keragaman budaya setempat dan menerapkan makna toleransi di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keberhasilan dari kegiatan pembelajaran tersebut pada mahasiswa inbound Universitas Negeri Jakarta Angkatan II. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Komponen dan aspek yang digunakan adalah model pengajaran QAIT dan subjek penelitian berfokus pada mahasiswa. Hasil penelitian ini menemukan bahwasanya kegiatan pembelajaran Kebinekaan Modul Nusantara telah mencapai keberhasilan dalam penerapan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Hal tersebut didukung pada kualitas materi dan kegiatan pembelajaran yang telah memenuhi tujuan pembelajaran, kemampuan mahasiswa yang baik dan siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, pemberian dorongan berupa motivasi untuk mahasiswa, serta waktu yang dialokasikan dan dimaksimalkan telah diberikan dan dimanfaatkan dengan baik.

Downloads

Published

2024-12-01