Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria kebutuhan elemen video dalam pembuatan media pembelajaran oleh guru multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan dan mengembangkannya sebagai konten pada sistem repositori untuk multimedia pembelajaran. Penelitian ini berfungsi memberikan konten pada sistem repositori multimedia pembelajaran dan menjadi referensi bagi guru untuk mendapatkan elemen video untuk media pembelajaran yang bersifat bebas pakai dan non-komersil. Penelitian dilakukan di laboratorium multimedia Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, SMK Negeri 48 Jakarta, dan SMK Negeri 51 Jakarta pada bulan Maret – Juni 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara untuk melihat kebutuhan elemen video dalam pembuatan media pembelajaran, metode eksperimen laboratorium dalam melakukan analisis kebutuhan sistem repositori dan mengembangkan elemen video untuk multimedia pembelajaran, dan metode survey untuk melihat kesesuaian video. Penelitian awal dilakukan untuk melihat kebutuhan elemen video dalam pembuatan multimedia pembelajaran di sekolah, yang selanjutnya dijadikan sebagai pedoman dalam melakukan analisis kebutuhan sistem repositori multimedia pembelajaran elemen video dan selanjutnya dikembangkan 20 video sebagai konten untuk repositori multimedia pembelajaran elemen video. Selanjutnya dilakukan uji validitas video dengan metode CVR (Content Validity Ratio) kepada 15 orang ahli materi untuk melihat kesesuaian video dengan kompetensi dasar mata pelajaran perakitan komputer di SMK. Kesimpulan dari penelitian ini adalah video yang dikembangkan telah sesuai dengan kriteria kebutuhan guru dan dapat menjadi konten dari sistem repositori untuk multimedia pembelajaran.