PELATIHAN MENGEMBANGKAN SOAL BERFIKIR TINGKAT TINGGI (HOTs) PARA GURU GEOGRAFI SMA SE-PROVINSI LAMPUNG

Authors

  • Enok Maryani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ahmad Yani Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/sarwahita.182.6

Keywords:

Kompetensi guru, HOTS, Geografi, Instrumen pengukuran hasil belajar

Abstract

The purpose of this article is to determine and analyze the ability of geography teachers in perceptions and skills of geography teachers in constructing HOTS-oriented learning outcome measurement instruments. The method of implementing this activity consists of three stages, namely the stage of delivering material, the stage of participant independent activities and the stage of reflection on the results of the participants' independent work. The results in this article indicate that some of the perceptions of teachers' answers which can be concluded that the implementation of community service is very urgent in order to improve teacher competence in constructing learning outcomes instruments in geography subjects and the HOTS questions made by participants illustrate that the need for community service activities regarding training in writing HOTS questions on an ongoing basis in order to strengthen teacher competence in writing HOTS questions conceptually and practically. In this service activity, teachers are also invited to make HOTS questions which are used as a question bank for HOTS-oriented geography subjects which are the outputs of this community service activity.

 

Abstrak

 Tujuan dari artikel ini mengetahui dan menganalisis kemampuan guru geografi dalam mengkontruksi instrumen pengukuran hasil belajar berorientasi HOTS. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tiga tahap yakni tahap penyampaian materi, tahap kegiatan mandiri peserta dan tahap refleksi terhadap hasil kerja mandiri peserta. Pelatihan dilaksanakan secara online untuk penyampaian materi dan refleksi, untuk tahap kegiatan mandiri berbasis kinerja pembuatan soal. Pelatihan dilaksanakan  pada bulan Oktober 2020, selama 3 hari untuk pembekalan dan refleksi, dan 7 hari untuk penulisan soal. Hasil pada artikel ini menunjukkan bahwa para guru sangat mengharapkan pelatihan membuat soal secara kontinu, dan praktekan secara terus menerus. disimpulkan bahwa pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini sangat urgen guna meningkatkan kompetensi guru dalam mengkontruksi instrumen hasil belajar pada mata pelajaran geografi serta soal-soal HOTS yang dibuat oleh peserta menggambarkan bahwa perlunya kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pelatihan menulis soal HOTS secara berkelanjutan guna dapat memantapkan kompetensi guru dalam menulis soal HOTS secara konseptual maupun praktiknya. Dalam kegiatan pengabdian ini guru-guru juga diajak untuk membuat soal HOTS yang dijadikan bank soal mata pelajaran geografi berorientasi HOTS yang merupakan luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.

Downloads

Published

2022-02-03