PELATIHAN MENGEMBANGKAN SOAL BERFIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PARA GURU GEOGRAFI SMA SE PROVINSI LAMPUNG

  • Enok Maryani UPI
  • Ahmad Yani Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Kompetensi guru, HOTS, Geografi, Instrumen pengukuran hasil belajar

Abstract

dalam presepsi dan keterampilan guru geografi dalam mengkontruksi instrumen pengukuran hasil belajar berorientasi HOTS. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tiga tahap yakni tahap penyampaian materi, tahap kegiatan mandiri peserta dan tahap refleksi terhadap hasil kerja mandiri peserta. Hasil pada artikel ini menunjukkan bahwa beberapa presepsi jawaban guru yang dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini sangat urgen guna meningkatkan kompetensi guru dalam mengkontruksi instrumen hasil belajar pada mata pelajaran geografi serta soal-soal HOTS yang dibuat oleh peserta menggambarkan bahwa perlunya kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pelatihan menulis soal HOTS secara berkelanjutan guna dapat memantapkan kompetensi guru dalam menulis soal HOTS secara konseptual maupun praktiknya. Dalam kegiatan pengabdian ini guru-guru juga diajak untuk membuat soal HOTS yang dijadikan bank soal mata pelajaran geografi berorientasi HOTS yang merupakan luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.

 

Kata Kunci: Kompetensi guru, HOTS, Geografi, Instrumen pengukuran hasil belajar

 

Published
2022-02-03