PELATIHAN MENGEMBANGKAN SOAL BERFIKIR TINGKAT TINGGI (HOTs) PARA GURU GEOGRAFI SMA SE-PROVINSI LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.21009/sarwahita.182.6Keywords:
Kompetensi guru, HOTS, Geografi, Instrumen pengukuran hasil belajarAbstract
The purpose of this article is to determine and analyze the ability of geography teachers in perceptions and skills of geography teachers in constructing HOTS-oriented learning outcome measurement instruments. The method of implementing this activity consists of three stages, namely the stage of delivering material, the stage of participant independent activities and the stage of reflection on the results of the participants' independent work. The results in this article indicate that some of the perceptions of teachers' answers which can be concluded that the implementation of community service is very urgent in order to improve teacher competence in constructing learning outcomes instruments in geography subjects and the HOTS questions made by participants illustrate that the need for community service activities regarding training in writing HOTS questions on an ongoing basis in order to strengthen teacher competence in writing HOTS questions conceptually and practically. In this service activity, teachers are also invited to make HOTS questions which are used as a question bank for HOTS-oriented geography subjects which are the outputs of this community service activity.
Abstrak
Tujuan dari artikel ini mengetahui dan menganalisis kemampuan guru geografi dalam mengkontruksi instrumen pengukuran hasil belajar berorientasi HOTS. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tiga tahap yakni tahap penyampaian materi, tahap kegiatan mandiri peserta dan tahap refleksi terhadap hasil kerja mandiri peserta. Pelatihan dilaksanakan secara online untuk penyampaian materi dan refleksi, untuk tahap kegiatan mandiri berbasis kinerja pembuatan soal. Pelatihan dilaksanakan pada bulan Oktober 2020, selama 3 hari untuk pembekalan dan refleksi, dan 7 hari untuk penulisan soal. Hasil pada artikel ini menunjukkan bahwa para guru sangat mengharapkan pelatihan membuat soal secara kontinu, dan praktekan secara terus menerus. disimpulkan bahwa pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini sangat urgen guna meningkatkan kompetensi guru dalam mengkontruksi instrumen hasil belajar pada mata pelajaran geografi serta soal-soal HOTS yang dibuat oleh peserta menggambarkan bahwa perlunya kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pelatihan menulis soal HOTS secara berkelanjutan guna dapat memantapkan kompetensi guru dalam menulis soal HOTS secara konseptual maupun praktiknya. Dalam kegiatan pengabdian ini guru-guru juga diajak untuk membuat soal HOTS yang dijadikan bank soal mata pelajaran geografi berorientasi HOTS yang merupakan luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Sarwahita : Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Sarwahita : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.