REALISASI KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI SOSIALISASI PENTINGNYA EMPATI DAN RASA BERGOTONG-ROYONG DI DUSUN SAMBONG DURAN, KECAMATAN JOMBANG, KABUPATEN JOMBANG

Indonesia

  • Indah Diah Universitas Negeri Malang
Keywords: sosialisasi, empati, gotong-royong, warga, pengabdian masyarakat, Dusun Sambong Duran

Abstract

The purpose of this community service activity which is the topic of this writing is to help strengthen solidarity among the residents of Sambong Duran Hamlet, Jombang District, Jombang Regency so that they have a sense of empathy for each other and also raise awareness of mutual cooperation. Community service can be done in various ways as long as it does not hinder or deviate from the real purpose. This activity is one way that can help provide solutions to problems that exist or are happening in the surrounding environment considering that their activities are in line with the conditions, attitudes and behaviors that lead to modernization so as to help create a nation that is smart in taking every step to solve the problem by good and in accordance with prevailing socio-cultural values. The method used in the form of socialization to local residents provides understanding and understanding of empathy and mutual cooperation, then explains the impact and provides examples of implementation in community life. The results obtained from these activities are that there are significant changes in the atmosphere and conditions that lead to something positive and the situation is more harmonious than before among residents in the Sambong Duran Hamlet.

 

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi topik penulisan ini yaitu untuk membantu mempereratkan solidaritas antar warga Dusun Sambong Duran, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang agar mereka memiliki rasa empati satu sama lain dan juga muncul kesadaran bergotong-royong. Pengabdian masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara selama tidak menghalangi atau menyimpang dari tujuan sebenarnya. Kegiatan ini merupakan salah satu jalan yang dapat membantu memberikan solusi dari masalah yang ada atau yang sedang terjadi di lingkungan sekitar mengingat bahwa kegiatannya sejalan dengan kondisi, sikap dan perilaku yang mengarah pada modernisasi sehingga membantu menciptakan bangsa yang cerdas dalam mengambil setiap langkah untuk memecahkan permasalahannya dengan baik dan sesuai nilai-nilai sosial budaya yang berlaku. Metode yang dipakai berupa sosialisasi kepada warga setempat memberikan pengertian dan pemahaman tentang rasa empati dan bergotong-royong, lalu menjelaskan dampaknya serta memberikan contoh implementasi dalam kehidupan bermasyarakat. Hasil yang diperoleh dari kegiatan tersebut adalah terdapat perubahan signifikan pada suasana dan kondisi yang menuju kearah suatu hal bersifat positif dan keadaan lebih harmonis daripada sebelumnya kepada antar warga di lingkungan Dusun Sambong Duran.

Published
2022-11-15