PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN SISWA MELALUI PEMBUATAN WEBSITE SEKOLAH DI PONDOK PESANTREN AL IHSAN PANDEGLANG

  • Andhika Octa Indarso Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Windhiadi Yoga Sembada Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Artambo B. Pangaribuan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: Website, Pesantren, Management, Content

Abstract

Abstract

Website is a media tool that can be used by anyone, including educational institutions as a means of official, fast, and accessible communication from anywhere. This community service activity held at the Al-Ihsan Pandeglang Islamic Boarding School has a purpose to improve the abilities and self-development of teachers and students in the world of computers, especially website creation. It is hoped that, after receiving the website creation training, both teachers and students can develop and manage the school's website independently. The problems faced by partners at this time are the absence of specific ICT learning, teachers with limited ICT abilities, students who only have the ability to type, and the absence of an official school website. The implementation method used is assisting in making websites from content to management In this mentoring, pre-test and post-test surveys were also carried out to see the level of knowledge and the effects of the assistance provided. The results of the pre-test and post-test provided showed an increase in knowledge for participants by 29.31% for basic website creation, and an increase of 34.48% for knowledge related to website content. The conclusion is that this assistance is effective in increasing participants' knowledge of the creation and management of website content. 

Abstrak

Website menjadi sarana media yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja tak terkecuali oleh institusi pendidikan sebagai sarana komunikasi yang resmi, cepat, dan bisa diakses dari mana saja. Kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan di lingkungan Pondok Pesantren Al-Ihsan Pandeglang ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengembangan diri bagi para guru dan siswa dalam dunia komputer khususnya pembuatan website, diharapkan setelah menerima pelatihan pembuatan website, baik guru maupun siswa dapat mengembangkan serta mengelola secara mandiri website milik sekolah. Adapun permasalahan yang dihadapi Mitra saat ini adalah tidak adanya pembelajaran TIK secara khusus, guru dengan kemampuan TIK terbatas, siswa yang hanya memiliki kemampuan mengetik, serta tidak adanya website sekolah secara resmi.Metode pelaksanaan yang digunakan adalah melakukan pendampingan pembuatan website mulai dari konten sampai pengelolaan, dalam pendampingan tersebut dilaksanakan juga survei pre test dan post test untuk melihat sejauh mana tingkat pengetahuan dan efek dari pendampingan yang diberikan. Hasil dari pre test dan post test yang diberikan terdapat peningkatan pengetahuan bagi peserta sebesar 29.31% untuk dasar pembuatan website, dan kenaikan 34,48% untuk pengetahuan terkait konten website. Kesimpulan yang didapatkan adalah pendampingan ini efektif untuk meningkatkan pengetahuan peserta terhadap pembuatan dan pengelolaan konten website.

Published
2020-12-31