Peningkatan Kompetensi Guru melalui Penyusunan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran melalui penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS. Komptensi guru dalam mengembangkan instrumen penilaian berbasis HOTS, diharapkan dapat memberikan dampak terhadap siswanya agar dapat memiliki kemampuan 6C (communication, creative, critical thinking, collaboration, compassion, dan computational) yang diperlukan dalam era abad 21. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah model pelatihan guru-guru sekolah menengah di Kecamatan Mande dalam penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS. Pembukaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh Asda Kabupaten Cianjur dan sambutan oleh direktur Pascasarjana UNJ pada hari Senin, 25 Juli 2022 di Kantor Desa Bobojong. Sedangkan pelaksanaan pelatihan penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS dilaksanakan pada Hari Selasa, 26 Juli 2022, di SMP Negeri 1 Mande, dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00, dilanjutkan diskusi, mengerjakan latihan dan tugas di google classroom. Materi pelatihan terdiri dari materi perencanaan pembelajaran berbasis HOTS dan materi penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS. Pelatihan ini diikuti oleh guru SMP, SMA, maupun SMK di lingkungan Kec. Mande. Hasil pelatihan secara umum menunjukkan bahwa kemampuan peserta terhadap instrumen penilaian berbasis HOTS sebesar 43,5%. Sedangkan sebelum pelatihan mereka rata-rata memiliki pengetahuan tentang instrumen penilaian berbasis HOTS hanya sebesar 27,0%. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan dalam memahami instrumen penilaian berbasis HOTS sebesar 16,5%. Selain peningkatan kemampuan dalam memahami instrumen penilaian berbasis HOTS, peserta juga memiliki keterampilan menyusun instrumen pilihan ganda (PG) berbasis HOTS.
Copyright Notice
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Sarwahita : Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Sarwahita : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.