PELATIHAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN HOMESTAY DI DESA WISATA EDUKASI CISAAT KABUPATEN SUBANG-JAWA BARAT

Authors

  • Mulyati Mulyati Universitas Negeri Jakarta, Indonesia 13220
  • Muhammad Faesal Universitas Negeri Jakarta, Indonesia 13220
  • Jaka Marsita Universitas Negeri Jakarta, Indonesia 13220
  • Elvira Damayanti Universitas Negeri Jakarta, Indonesia 13220
  • Nur ‘Aqiilah Resakh Alya Kudus Universitas Negeri Jakarta, Indonesia 13220
  • Fitta Aviani Universitas Negeri Jakarta, Indonesia 13220

DOI:

https://doi.org/10.21009/sarwahita.20k.4

Keywords:

Digitalization, Tourism, Tourism Village, Desa Wiasata, Pariwisata

Abstract

The tourist village has unique natural and cultural characteristics so that it has the potential to become a tourist attraction to attract tourists to visit. In this case, it can be said that the tourist village still upholds the existing regional traditions, so that visiting tourists can enjoy the attractions, accommodations, and facilities available. The use of digitalization to develop tourist attractions is one of the implementations of the smart tourism approach. One of the manifestations of digitizing tourism is by utilizing information and communication technology. Digitalization in the tourism industry is considered to be one of the right steps to address the current digital-oriented culture of society in meeting all their needs when traveling. The existence of technology provides enormous business opportunities to develop residents' home-based lodging businesses, namely homestays. The internet plays a very significant role in the business transformation process towards digitization which can increase revenue, reduce interaction and transformation costs. Digitalization has given rise to more choices of alternative achievements at lower costs, and with wider opportunities

 

 

Abstrak

Desa wisata memiliki karakteristik alam dan budaya yang unik sehingga memiliki potensi menjadi daya tarik wisata untuk menarik wisatawan berkunjung. Dalam hal ini, desa wisata bisa dikatakan masih menjunjung tinggi tradisi daerah yang ada, sehingga wisatawan yang berkunjung dapat menikmati atraksi, akomodasi, serta fasilitas yang tersedia. Pemanfaatan digitalisasi untuk mengembangkan atraksi wisata merupakan salah satu implementasi pendekatan smart tourism. Perwujudan digitalisasi pariwisata ini salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Digitalisasi di industri pariwisata dianggap menjadi salah satu langkah tepat untuk menyikapi budaya masyarakat saat ini yang berorientasi digital dalam memenuhi segala kebutuhan mereka ketika melakukan perjalanan. Adanya teknologi memberikan peluang bisnis yang sangat besar untuk mengembangkan bisnis penginapan berbasis rumah warga yaitu homestay. Internet memainkan peran yang sangat signifikan dalam proses transformasi bisnis menuju digitalisasi yang dapat meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya interaksi dan transformasi . Digitalisasi memunculkan lebih banyak pilihan pencapaian alternatif dengan biaya lebih rendah, dan memiliki peluang lebih luas

Downloads

Published

2023-11-29