Psikoedukasi Psikologi Positif tentang Keseimbangan Waktu Antara Belajar dan Bermain dengan Menggunakan Konsep Leisure dan Flow pada Siswa SMP X di Tangerang

Authors

  • Michelle Monalie Hartono Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Banten, Indonesia 15811
  • Cindy Fernanda Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Banten, Indonesia 15811
  • Yusak Novanto Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Banten, Indonesia 15811

DOI:

https://doi.org/10.21009/sarwahita.212.8

Keywords:

Leisure, Student’s life, Playing and Learning, Flow

Abstract

In navigating life, especially during adolescence, it is essential to maintain a balance between academic life and recreational activities. Students' recreational time should ideally involve meaningful, active pursuits to genuinely enhance their psychological well-being, rather than solely engaging in gadget use, which has become prevalent among students today, including those at SMP X. On the other part, to maximize academic performance, students require methods that enable them to fully focus on their studies.  This psychoeducation program aims to provide students with both knowledge and motivation to understand and apply appropriate ways to engage in recreational activities using the concept of leisure from Positive Psychology, as well as strategies for achieving focused learning using the concept of flow, and guidance on balancing recreational and academic life. The psychoeducation method uses the presentation method, group interaction, and games. Psychoeducation is evaluated using a pre-test-post-test design evaluation. The results using Wilcoxon signed rank to assess the success of psychoeducation, as well as additional analysis from the descriptions of the participants' essay answers. This training program shows the results of increasing knowledge about leisure and flow, but still lack of participant’s knowledge to use both concept simultanously. However, this program has succeeded in getting affective reactions that show students' commitment to applying materials in their daily lives.

 

Abstrak

Dalam mengarungi kehidupan, khususnya pada masa remaja, penting untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan akademis dan aktivitas rekreasi. Waktu rekreasi siswa idealnya melibatkan kegiatan yang bermakna dan aktif untuk benar-benar meningkatkan kesejahteraan psikologisnya, tidak hanya sekedar menggunakan gadget yang sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan siswa saat ini, termasuk di SMP X. Sebaliknya, untuk memaksimalkan prestasi akademiknya, siswa membutuhkan metode yang memungkinkan mereka untuk fokus penuh pada studinya.  Program psikoedukasi ini bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan motivasi untuk memahami dan menerapkan cara yang tepat dalam melakukan aktivitas rekreasi dengan menggunakan konsep waktu luang dari Psikologi Positif, serta strategi mencapai pembelajaran terfokus dengan menggunakan konsep aliran, dan bimbingan keseimbangan. . kehidupan rekreasi dan akademis. Metode psikoedukasi menggunakan metode presentasi, interaksi kelompok, dan permainan. Psikoedukasi dievaluasi menggunakan desain evaluasi pre-test-post-test. Hasilnya menggunakan Wilcoxon Signed Rank untuk menilai keberhasilan psikoedukasi, serta analisis tambahan terhadap deskripsi jawaban esai peserta. Program pelatihan ini menunjukkan hasil peningkatan pengetahuan tentang waktu senggang dan aliran, namun masih kurangnya pengetahuan peserta untuk menggunakan kedua konsep tersebut secara bersamaan. Namun program ini berhasil mendapatkan reaksi afektif yang menunjukkan komitmen siswa dalam menerapkan materi dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2024-08-30