Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Buku al-lisan al-Umm

Authors

  • Andy Hadiyanto Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Siti Maria Ulfah Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Cendra Samitri Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/satwika.020101

Keywords:

Bahasa Arab Komunikatif, al-Lisan al-Umm, Keterampilan, Multikultural

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku Al-Lisan Al-Umm bagi guru bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurul Huda guna menciptakan keterampilan berbahasa, keterampilan budaya, serta keterampilan berkomunikasi lisan dan tulisan. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini digunakan metode kualitatif yang meliputi wawancara mendalam dan observasi partisipasi. Di dalam pelaksanaannya, dilakukan melalui serangkaian kegiatan yang meliputi: sesi teori dan sesi peerteaching. Program utama dalam pengabdian ini, yaitu: (1) Program Pelatihan Intensif Bahasa Arab Komunikatif bagi guru-guru di Pesantren, (2) Program penyuluhan dan pelatihan bagi guru untuk penggunaan dan pengembangan buku ajar Al-Lisan Al-Umm. Pelaksanaan program ini berjalan lancar dan mendapat apresiasi dari warga masyarakat, khususnya mereka yang terlibat dalam pelatihan pembelajaran bahasa Arab komunikatif.

References

fajriah. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN MAHARAH AL- KITABAH PADA TINGKAT IBTIDAIYAH . Jurnal ar-raniry.
Hadiyanto, A., Samitri, C., & Ulfah, S. M. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Arab Multiliterasi Berbasis Kearifan Lokal di. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studie, 4(1).
Hoesny, M. U. (2021). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 11 No. 2.
Nurdianto, T. (2020). KOMPETENSI DASAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Yogyakarta: ZAHIR PUBLISHING.
Tahir, G. (2012). PERANAN BAHASA ARAB DALAM PENGEMBANGAN PERADABAN ISLAM. Jurnal Al-Hikmah, vol.13 no.1.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Hadiyanto, A., Ulfah, S. M., & Samitri, C. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Buku al-lisan al-Umm. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 01–05. https://doi.org/10.21009/satwika.020101