Pengembangan Kompetensi Guru PAI Melalui Kegiatan Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Keterampilan Dasar Mengajar

Authors

  • Rudi Muhamad Barnansyah Rudi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Andy Hadiyanto Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Sa'dullah Sa'dullah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Ahmad Izzudin Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Bagus Rasidin Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/satwika.020202

Keywords:

Moderasi Beragama, Keterampilan Mengajar, Guru

Abstract

Kompetensi guru adalah satu hal yang harus dipenuhi oleh seorang guru, upaya pemenuhan kompetensi tidak berjalan dengan sendirinya, maka prodi agama islam UNJ, memberikan pendampingan peningkatan kompetensi guru, ykani kompetensi kepribadian, sosial, professional dan pedagogic. Penelitian ini memfokuskan untuk mengembangkan kompetensi pedagogik pada aspek penilaian autentik dan terstandar. Pada saaat ini guru-guru banyak mengalami kesulitan dalam menyusun, mengkonstruk atau membuat instrumen atau media pembelajaran untuk keberlangsungan suatu pembelajaran khusunya di dalam kelas. Oleh karena itu penelitian pendampingan penyusunan penilaian sikap moderatisme siswa pada lembar kerja sangat penting dan diharapkan bermanfaat bagi guru, lembaga pendidikan yang dijadikan sebagai mitra serta siswa.Pendampingan ini bertujuan mengembangkan kompetensi guru pesantren Pondok Pesantren Modern Nurul Huda pada aspek keterampilan mengajar yang berhubungan dengan nilai-nilai moderasi beragama, serta membudayakan nilai-nilai moderatisme pada sikap siswa, antara lain melalui pemahaman keterampilan mengajar PAI di dalam kelas. Mitra pendamping yakni guru-guru pada lembaga pendidikan Pondok Pesantren Modern Nurul Huda. Kegiatan pendampingan terdiri dari pemberian keterampilan dalam pembuatan media pembelajaran untuk sebagai media pendukung dalam kegiatan belajar mengajar di pesantren, membagi kelompok guru-guru, memetakan kesulitan guru dengan penilaian terstandar dan terakhir adalah kegiatan workshop.

References

Ahmad Tafsir. 2011. Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian - Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas
Effendi, M. R., Nurparatiwi, S., Narulita, S., Tsaqila, D. F., & Nurhidayat, M. (2021). Penguatan Softskill Guru Dalam Upaya Peningkatan Etos Belajar Peserta Didik Pada Masa PAndemi Covid-19. Sivitas: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 41-51.
E. Mulyasa. 2010. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011. cet ke-5. Martinis Yamin dan Maisah. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada. 2010. Neti Budiwati dan Leni Permana. Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Bandung: Laboratorium Pendidikan Ekonomi dan Koperasi.
Hadari Nawawi. 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogjakarta: Gajah Mada University Press
Halimah Leli, 2017. Keterampilan Mengajar Sebagai Inspirasi untuk Menjadi Guru
yang Excellent di Abad Ke-21. PT. Refika Aditama. Bandung
Hamzah B. Uno. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Moleong, L. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosdakarya.
Bandung
M. Sobry Sutikno.2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.
Nana Sudjana. 2008. Dasa-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesinso..
Pramudya, A. R., Anta, M. K., Taqiyya, H., & Effendi, M. R. (2021). The Religious Spirituality in a Time of Pandemic; Strategies for Strengthening Diversity in FIS UNJ Students. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(2), 101-124.
Salman Harun, 1984, Sistem Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma'arif
Salsabila, Q. A., Aqinar, Z., & Effendi, M. R. The Effect of the Covid-19 Pandemic on Stress Learning.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Zakiyah Daradjat, 1971, Membina Nilai-Nilai Moral di Indonesia, Jakarta: Bulan Bintang.Lampiran 1. Biodata Peneliti

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Rudi, R. M. B., Hadiyanto, A., Sa’dullah, S., Izzudin, A., & Rasidin, B. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru PAI Melalui Kegiatan Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Keterampilan Dasar Mengajar. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 75–86. https://doi.org/10.21009/satwika.020202