PENDAMPINGAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH (KTI) PADA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH SECARA ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE MEET
Keywords:
Online Learning, Karya Tulis Ilmiah , Guru Madrasah Ibtidaiyah, Peningkatan Keprofesian BerkelanjutanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dua hal. Pertama, implementasi pendampingan menulis KTI melalui online dimasa Pandemic Covid 19 dan kedua, mengetahui respon peserta dalam pendampingan penulisan KTI melaui pembelajaran online. Subjek penelitian ini adalah 8 guru Madrasah Ibitdaiyah anggota Kelompok Kerja Guru di Kota Tanggerang. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan kajian pustaka, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tabulasi, pengkodean, dan penafsiran. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pendampingan secara online dapat berjalan dengan lancar. Pendampingan dilakukan dengan menghadirkan dua pembicara dari Pusat Pengembangan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten berjalan dalam dua jam dengan pola satu jam pemaparan materi dan satu jam latihan dan tanya jawab. Respon peserta sangat baik; hal ini dapat dilihat banyaknya pertanyaan serta keinginannya untuk menindaklanjuti pendampingan hingga KTI terpublikasi.