MULTIMEDIA INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IV SEKOLAH DASAR : SEBUAH ANALISIS KEBUTUHAN

Authors

  • Mawardi Universitas Negeri Jakarta
  • Zulela MS Universitas Negeri Jakarta
  • M. Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Multimedia interaktif, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Abstract

Kurikulum 2013 yang berpijak pada paradigma pembelajaran abad 21 sangat terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Penelitian ini bertujuan untukĀ  menganalisis proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam implementasi kurikulum 2013 dan kaitannya dengan dengan pengembangan sumber belajar yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini melibatkan guru dan siswa kelas IV sekolah dasar di Jakarta Barat. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif model Milles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, display data, mengambil kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam implementasi kurikulum 2013 masih ditemukan beberapa permasalahan, diantaranya yaitu: (1) masih ditemukan materi ajar yang terdapat pada buku teks guru maupun siswa tidak sesuai dengan Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013, (2) Proses pembelajaran tidak memanfaatkan media pembelajaran yang membangun kreativitas berpikir siswa yang mengacu pada muatan scientific approach kurikulum 2013.

Downloads

Published

2020-08-26