MODEL SILABUS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) BAHASA ARAB KEPERAWATAN BERBASIS TUGAS
Keywords:
Bahasa Arab; KKNI; Keperawatan; Silabus; Tugas;Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan silabus KKNI bahasa Arab keperawatan berbasis tugas sehingga
pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa keperawatan dapat mendukung keilmuan keperawatan. Tugas
menjadi karakter utama silabus bahasa Arab keperawatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian mengadopsi dari model penelitian dan pengembangan
Borg dan Gall yang terangkum dalam dua tahapan utama, yaitu 1) tahap penelitian pendahuluan dan 2) tahap
penelitian pengembangan dan validasi. Proses pengumpulan data adalah melalui dokumen, observasi,
wawancara dan angket. Validasi model melibatkan rekan sejawat, pengguna dan pakar. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa silabus KKNI bahasa Arab keperawatan berbasis tugas dirancang sesuai dengan 8 standar
dikti dalam kurikulum. Komponen tugas yang dimuat dalam silabus terdiri dari tiga aspek tugas utama yaitu
tugas yang mengarah pada pemahaman informasi, menyampaikan pendapat dan menganalisis tugas yang
diberikan. Selain itu, implementasi tugas pada setiap pertemuan melalui media belajar seperti google classroom,
video, audiovisual, film, ataupun media lainnya. Implikasi penelitian ini menjadi pedoman dalam pemetaan
kurikulum bahasa Arab di Universitas Islam As-Syafi‟iyah Jakarta dan sebagai rujukan dalam menyusun bahan
ajar khusus bahasa Arab keperawatan.