Penerapan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Penerapan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Keywords:
model pembelajaran bahasa inggris, pendekatan CTL, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa SMP 19 Makassar melalui penerapan model pembelajaran bahasa inggris dengan pendekatan CTL. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 19 Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya yang ditandai dengan kategori cukup, siklus I ketuntasan belajar siswa yaitu 74% dengan nilai rata-rata 76,4 atau 17 siswa yang tuntas kemudian meningkat pada siklus II ketuntasan belajar siswa adalah 87% dengan nilai rata-rata 85,4 atau 30 siswa yang tuntas hingga mencapai kualifikasi baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris SMP Negeri 19 Makassar melalui penerapan model pembelajaran bahasa inggris dengan pendekatan CTL.