MODEL SHUTTLE FLOW DALAM PEMBELAJARAN INTEGRATIF HOLISTIK BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

  • Sudirman Universitas Negeri Makassar
Keywords: holistik, integratif, kompetensi, model, shuttle flow

Abstract

Tulisan ini adalah sebuah konsep inovatif dalam bidang pembelajaran khususnya Bahasa Indonesia di sekolah dasar.. Model Shuttle Flow adalah sebuah invensi, hasil kontemplasi pengalaman saat dan setelah mengajar, mengobservasi, dan melatih guru-guru dalam praktik pembelajaran. Adanya gerakan ‘alir ulang-alik’ antarnilai dan kompetensi selama pembelajaran serta mengutamakan unsur connectedness, wholeness, dan beingnes menjadi penciri utama model ini. Tujuan model ini adalah membantu guru mengajarkan Bahasa  Indonesia secara integratif-holistik sekaligus sebagai solusi atas kendala guru dalam pembelajaran  integratif di sekolah dasar. Model ini menampilkan fleksibilitas dalam mengintegrasikan keempat aspek keterampilan berbahasa dengan kompetensi inti dalam Kurikulum 2013 secara berulang-alik mengalir mengikuti arah yang terbentuk oleh alir kompetensi. Arah tersebut menunjukkan hubungan antar-aspek keterampilan berbahasa dari dan ke kompetensi inti.  Itulah sebabnya, model ini disebut Shuttle Flow Modle atau Model Alir Ulang-Aliks. Kehadiran model ini begitu penting memandu guru dalam mengembangkan potensi diri peserta didik secara holistik. Dengan menggunakan model ini, guru tidak akan pernah kehabisan bahan dalam mengajar, bahkan dapat mengetahui dari aspek dan kompetensi apa peserta didik itu lemah. Terdapat lima kekuatan model ini dan empat kelemahan. Kekuatan diintensifkan untuk meminimalisasi kelemahan. Direkomendasikan model pembelajaran ini menjadi salah satu pilihan inovatif dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Published
2020-08-26