PENGEMBANGAN MODUL IPA UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA SEKOLAH DASAR

  • Arrofa Acesta Universitas Negeri Jakarta
  • MS Sumantri Universitas Negeri Jakarta
  • Fahrurrozi Universitas Kuningan

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keefektifan modul IPA dalam meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) , metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4 D (define, desain, develop, dan deseminasi), Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Windujanten di Kuningan yang berberjumlah 18 siswa. hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang di kembangkan termasuk kategori layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di SD, berdasarkan aspek konten 3.20, aspek materi 3.00, aspek kebahasan 3, 21, aspek grafis 3,21 dari skala nilai maksimal 4. Berdasarkan uji efektifitas penggunaan modul IPA dalam pembelajaran menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis HOTS Hasil ini sesuai dengan hasil uji efektifitas yaitu nilai asymp sig. (2-tailed) yang kurang dari 0,05 yaitu 0,001. berdasarkan hasil pengembangan modul IPA untuk meningkatkan HOTS pendapat guru pada tahap penyebaran adalah modul cukup baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan
2020-08-17