INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI KOMUNIKASI MELALUI DARING DALAM PEMBELAJARAN PPKn BAGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BOUOLALI TAHUN PELAJARAN 2019-2020

  • Suyahman Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Inovasi pembelajaran berbasis teknologi informasi melalui daring dalam pembelajaran PPKn pada jenjang pendidikan Dasar. Penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolali, dan objeknya adalah inovasi pembelajaran, dan daring. Metode pengumpulan datanya : observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi sebesar 282 siswa kelas VIII, sampel ditentukan sebesar 34 siswa dengan teknik quota sampling.  Validitas data dilakukan dengan trianggulasi metode dan sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif terdiri dari 3 langkah; reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian berdasarkan pengamatan dilapangan yang dilakukan dari tanggal 1-5 januari 2020 ditemukan; pembelajaran PPKn di kelas VIII cenderung konvensional yakni pembelajaran berpusat pada siswa, siswa hanya sebagai objek, siswa pasif, siswa cepat bosan dan kurang bergairah, guru etks book, guru mendominasi dalam pembelajaran. Hasil wawancara dengan guru dan siswa yang dilakukan pada tanggal 10-13 januari 2020 diperoleh informasi; guru teks book dalam mengajar, gurung kurang mampu mengembangkan metode pembelaajaran, guru kurang mampu memahami teknologi komunikasi yang baru, siswa merasa malas, siswa tidak mau bertanya, siswa kurang termotivasi. Simpulannya bahwa pembelajaran PPKn kurang menarik bagi siswa sehingga perlu dilakukan inovasi pembelajaran. Dalam penelitian ini alternative inovasi pembelajaran yang ditawarkan yaitu inovasi pembelajaran berbasis teknologi komunikasi melalui daring.

Diterbitkan
2020-08-26