Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Bisnis Bahasa Inggris Dengan Pendekatan Content And Language Integrated Learning (CLIL)

  • Dadang Solihat Universitas Negeri Jakarta
  • Emzir Universitas Negeri Jakarta
  • Zainal Rafli Universitas Negeri Jakarta

Abstrak

Penelitian tindakan ini memiliki tujuan untuk memperoleh pemahaman yang dalam tentang proses pelaksanaan pembelajaran menulis surat bisnis berbahasa Inggris dan hasil peningkatannya melalui pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL). Penelitian dilakukan pada Mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan (FKIP-UNIKU) tahun akademik 2018-2019 sejumlah 42  mahasiswa. Penelitian Ini menggunakan model Mertler yang memiliki tahapan plan, action, development, reflection. Data kualitatif diperoleh dari wawancara dan observasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes prasiklus, tes siklus 1, tes siklus 2, dan tes siklus 3 yang kemudian dianalisis dengan statistik sederhana.. Pembelajaran pada prasiklus tidak menggunakan pendekatan CLIL. Hasilnya kurang memuaskan. Pada siklus 1 sampai 3 CLIL diterapkan dengan menekankan pada empat aspek yaitu 4C (Content, Communication, Cognition, dan Culture). Keterampilan menulis surat bisnis berbahasa Inggris mahasiswa  mengalami peningkatan yang memuaskan. Kesimpulannya adalah pendekatan pembelajaran Conten and Language Integrated Learning (CLIL) dapat meningkatkan keterampilan menulis surat berbahasa Inggris mahasiswa. CLIL disarankan menjadi salah satu pendekatan yang perlu diterapkan dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa.

Diterbitkan
2020-08-26