PELATIHAN PEMASARAN PRODUK SECARA ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL BAGI PELAKU USAHA MIKRO DALAM ADAPTASI KEBIASAAN BARU DAN UPAYA KEBERLANJUTAN USAHA

Authors

  • Sri Hartati Institut Teknologi Bandung
  • Nur Budi Mulyono Institut Teknologi Bandung
  • Kartib Institut Teknologi Bandung
  • Edwin Karim Institut Teknologi Bandung
  • Muhammad Ridwan Zaelani Institut Teknologi Bandung
  • Naufal Shayed Alam Institut Teknologi Bandung
  • Muhammad Lufhti Zulfiqor Institut Teknologi Bandung

Keywords:

marketing, social media, msme, new habit adaption

Abstract

Abstract
The current pandemic situation has affected many businesses, including business actors in Pangandaran Regency. Most of the business actors in Pangandaran cannot produce and some even stop completely. The enactment of PSBB and PPKM has resulted in changes in consumer behavior in buying products. Most of it is done online. This community service aims to improve the understanding and skills of MSMEs in using social media as a medium that can be used for marketing. The training participants totaled 23 people who were the Head of Poklahsar (Processing and Marketing Group) in Pangandaran Regency. Each Poklahsar has 5-10 members. The process of determining participants is carried out purposively. The training is carried out offline by adhering to health protocols. The materials presented were Entrepreneurial Motivation, Packaging Techniques, Product Photo Techniques using Mobile Phones and Techniques for uploading products to social media. Based on the processing of the service results questionnaire, it shows that the training participants (80%) have used social media but have not focused on being used for marketing. The social media used by participants were Facebook (75%), WhatsApp (20%) and Instagram (5%). Participants are very enthusiastic about participating in the training and really hope that it can be carried out continuously. The results of the training are expected to increase product sales, increase income and increase family welfare and quality of life for micro-enterprise families. In the long term, it is hoped that a digitalization model can be carried out for business actors in Pangandaran.


Asbtrak
Situasi pandemi saat ini mengakibatkan banyak usaha yang terdampak, termasuk pelaku usaha di Kabupaten Pangandaran. Sebagian besar pelaku usaha di Pangandaran tidak bisa berproduksi bahkan ada yang berhenti total. Diberlakukannya PSBB dan PPKM diantaranya mengakibatkan terjadinya perubahan perilaku konsumen dalam membeli produk. Sebagian besar dilakukan secara online.Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta keterampilan UMKM dalam penggunaan media sosial sebagai media yang dapat dimanfaatkan untuk pemasaran. Peserta pelatihan berjumlah 23 orang yang merupakan Ketua Poklahsar ( Kelompok Pengolah dan Pemasar) di Kabupaten Pangandaran. Setiap Poklahsar memiliki anggota 5-10 orang. Proses penentuan peserta dilakukan secara purposif.Pelatihan dilakukan secara offline dengan mentaati protokol kesehatan. Materi yang disampaikan yaitu Motivasi kewirausahaan, Teknik Pengemasan , Teknik Foto Produk dengan menggunakan Handphone serta Teknik mengupload produk ke media sosial. Berdasarkan pengolahan kuesioner hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta pelatihan (80 %) sudah mengggunakan media sosial namun belum fokus digunakan untuk pemasaran. Adapun media sosial yang digunakan oleh peserta adalah Facebook (75%), WhatsApp (20%) dan Instagram (5%). Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan sangat berharap dapat dilakukan secara kontinyu. Hasil pelatihan diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk, peningkatkan pendapatan serta peningkatan kesejahteraan keluarga dan kualitas hidup keluarga pelaku usaha mikro. Untuk jangka panjang diharapkan dapat dilakukannya model
digitalisasi bagi pelaku usaha di Pangandaran.

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Sri Hartati, Nur Budi Mulyono, Kartib, Edwin Karim, Muhammad Ridwan Zaelani, Naufal Shayed Alam, & Muhammad Lufhti Zulfiqor. (2021). PELATIHAN PEMASARAN PRODUK SECARA ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL BAGI PELAKU USAHA MIKRO DALAM ADAPTASI KEBIASAAN BARU DAN UPAYA KEBERLANJUTAN USAHA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), SNPPM2021BRL-117 - SNPPM2021BRL-132. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25686

Similar Articles

<< < 21 22 23 24 25 26 27 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.