PENINGKATAN KUALITAS GURU MELALUI PELATIHAN MICROSOFT EXCEL DI SMAN 8 TANGERANG SELATAN

  • Putri Azra Rafasya Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Venni Herli Sundi Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Microsoft excel, Highschool teacher, Upgrading quality

Abstract

Abstract

One of the efforts to upgrade the quality of education are the education worker needs to be develop their knowledge and technology. Nowadays, technology has been a domination and reaching the life sector. Therefore, teacher as the education worker must know and comprehend that the use of technology, especially computer. Computer also gives support that is way more important in administration affair related to learning process. Those activity started from constructing learning process, acting learning process until the assessing phase, also the storing of the document about the attendance list. This thing has been done two years back in SMAN 8 Tangerang Selatan. The purpose of this training is to upgrade teacher's comprehension in SMAN 8 Tangsel. We as a student has been conducted our microsoft excel training as a social service with the target is a teacher of SMAN 8 Tangerang Selatan is going very well. Teacher in SMAN 8 Tangerang Selatan is very excited and have a positive response during the activity. This training has been done successfully indicated by the teachers presence of SMAN 8 Tangerang Selatan up to 30 of 45 teachers in SMAN 8 Tangerang Selatan.

 

Abstrak

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, tenaga pendidik harus lebih mengembangkan wawasan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi saat ini sudah menjadi dominasi dan merambah di setiap sektor kehidupan. Maka dari itu guru sebagai tenaga kependidikan harus mengenal dan juga mengerti dalam penggunaan teknologi terutama komputer. Karna komputer selain berperan langsung dalam proses pembelajaran, komputer juga sangat memberikan dukungan yang tidak kalah pentingnya dalam kegiatan administrasi terkait proses pembelajaran. Kegiatan tersebut mulai dari penyusunan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan sampai dengan pengolahan penilaian pembelajaran serta penyimpanan dokumen terkait daftar kehadiran. Hal ini sudah dilakukan sejak dua tahun belakangan ini di SMAN 8 Tangerang Selatan. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru di SMAN 8 Tangerang Selatan. Kami Selaku Mahasiswa pengabdian telah melaksanakan proogram kerja pelatihan microsoft excel dengan sasaran guru-guru SMAN 8 Tangerang Selatan berjalan dengan baik dan lancar. Guru-guru di SMAN 8 Tangerang Selatan sangat antusias dan memiliki respon yang sangat baik dalam pelasanaan kegiatan pelatihan berlangsung. Pelatihan ini terlaksana dengan baik dan lancar dengan ditunjukkan guru-guru SMAN 8 Tangerang selatan yang hadir berjumlah 30 orang dari 45 guru yang ada di SMAN 8 Tangerang Selatan.

Published
2021-12-20
How to Cite
Azra Rafasya, P., & Herli Sundi, V. (2021). PENINGKATAN KUALITAS GURU MELALUI PELATIHAN MICROSOFT EXCEL DI SMAN 8 TANGERANG SELATAN. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), SNPPM2021L-8 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25728