MENINGKATKAN NILAI TAMBAH KERTAS DAUR ULANG (KDU) PADA USAHA KREATIF MUCIZEPAPIER DI DESA CILIMUS, KABUPATEN KUNINGAN

  • Gista Rismayani Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Yeni Fitriani Somantri Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Intan Rahayu Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Setyo Wati Universitas Perjuangan Tasikmalaya
Keywords: recycled paper

Abstract

Abstract

Based on data from the National Waste Management Information System (SIPSN), waste generation reached 17,751,496.81 (tons/year), 9,475,301.63 (tons/year) handling, managed waste 12,658,861, 23 (tons/year), while the unmanaged waste is 5,092,635.58 (tons/year). (https://sipsn.menlhk.go.id/). Garbage is a problem that is quite disturbing for the community. Building the character of a community that cares about the environment is not an easy thing. Many people have the desire to become entrepreneurs (entrepreneurs). However, not many people have the desire to become entrepreneurs who shape social character in their implementation, such as being a (socialpreneur). Not only looking for profit, but also taking care of the environment through pioneering businesses, having a sales value, innovating, to create a prosperous society and love the environment. The purpose of this service is to increase the added value of recycled paper in the mucizepapier creative business. The outputs achieved in this service are the creation of calendar products, A6 notebooks, wedding invitations, and souvenirs from recycled paper.

 

Abstrak

Berdasarkan data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), timbulan sampah mencapai 17.751.496,81 (ton/tahun), penanganan yang telah dilakukan sebanyak 9.475.301,63 (ton/tahun), sampah yang terkelola sebanyak 12.658.861,23 (ton/tahun), sedangkan sampah yang tidak terkelola 5.092.635,58 (ton/tahun). (https://sipsn.menlhk.go.id/). Sampah menjadi permasalahan yang cukup meresahkan bagi masyarakat. Membentuk karakter masyarakat yang peduli akan lingkungan bukanlah hal yang mudah. Banyak masyarakat yang memiliki keinginan menjadi wirausahawan (entrepreneur). Namun tidak banyak masyarakat yang memiliki keinginan untuk menjadi wirausaha yang membentuk karakter sosial dalam pelaksanaannya, seperti halnya menjadi (socialpreneur). Tidak hanya mencari keuntungan, namun melakukan pemeliharaan lingkungan melalui usaha yang dirintis, memiliki nial jual, berinovasi, untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan cinta lingkungan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan nilai tambah pada kertas daur ulang pada usaha kreatif mucizepapier. Luaran yang dicapai pada pengabdian ini adalah terciptanya produk kalender, buku catatan A6, undangan pernikahan, dan cindera mata dari hasil kertas daur ulang.

 

Published
2022-12-20
How to Cite
Rismayani, G., Somantri, Y. F., Rahayu , I., & Wati, S. (2022). MENINGKATKAN NILAI TAMBAH KERTAS DAUR ULANG (KDU) PADA USAHA KREATIF MUCIZEPAPIER DI DESA CILIMUS, KABUPATEN KUNINGAN. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022EK-123 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33368