DESAIN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

  • Mazlan Universitas Riau
  • Kartini Universitas Negeri Riau
  • Maimunah Universitas Negeri Riau
Keywords: design, E-LKPD, mathematical understanding abilities

Abstract

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki  peserta didik. Kemampuan dasar ini dapat dipenuhi dengan cara memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah Satu bahan ajar yang dapat digunakan guru untuk memenuhi tuntutan tersebut adalah Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis model Discovery Learning  Berbantuan Video Pembelajaran. Penelitian  ini bertujuan untuk mendesain E-LKPD berbasis Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar yang dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis peserta didik baik dalam pembelajaran daring maupun luring. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D (Define, Desain, Develop, Disseminate) sampai tahap design. Pada tahap Define diperoleh bahwa kemampuan pemahaman matematis peserta didik masih rendah sehingga dibutuhkan E-LKPD yang dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis. Langkah-langkah model Discovery Learning yang terdiri dari enam fase yaitu Stimulus, Identifikasi masalah, Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Verifikasi, dan Genaralisasi yang nantinya menghasilkan suatu langkah atau proses pada E-LKPD. E-LKPD memuat  masalah yang berkaitan dengan materi bangun ruang sisi datar yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Pada tahap Design telah berhasil tercipta desain E-LKPD berbasis Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar yang dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis peserta didik.

 

Abstrak

The mathematical understanding abilities are basic ability that must be possessed by students. This basic ability can be fulfilled by facilitating students' mathematical understanding abilities in the learning process. One of the teaching materials that can be used by teachers to meet these demands is the Electronic Student Worksheet (E-LKPD) based on the Video Learning assisted Discovery Learning. This study aims to design an E-LKPD based on Learning Video assisted Discovery Learning on flat-sided geometry that can facilitate students' mathematical understanding skills in both online and offline learning. The development model used is 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) until the design stage. At the Define stage, it was found that the students' mathematical understanding ability was still low, so E-LKPD was needed which could facilitate mathematical understanding abilities. The steps of the Discovery Learning model consist of six phases, namely Stimulution, Problem Statment, Data Collection, Data Processing, Verification, and Generalization which will produce a step or process in the E-LKPD. E-LKPD contains problems related to flat-sided building materials that can be found in everyday life. At the Design stage, an E-LKPD design based on Discovery Learning aided by learning video has been created on the flat-sided building material that can facilitate students' mathematical understanding abilities.

Published
2022-12-20
How to Cite
Mazlan, Kartini, & Maimunah. (2022). DESAIN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022P-128 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33391